MASOHI, Siwalimanews – Pemda Maluku Tengah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah mulai menyalurkan bantuan logistik kepada warga Desa Kariu yang saat ini sementara mengungsi di Desa Aboru, Kamis (27/1).

Kepala BPBD Malteng Latief Key menjelaskan, pihaknya telah mendorong bantuan logistik bagi pengungsi Kariu yang saat ini berada di Aboru, pasca bentrok yang terjadi.

“Bantuan logistik telah kami salurkan langsung ke warga Kariu. Bantuan berupa bahan makanan, seperti beras, mie instan, tempat tidur dan beberapa kebutuhan lainnya itu telah diserahkan siang ini di Aboru,” ungkap Key kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Kamis (27/1).

Bantuan logistik korban bentrok Ori-Kariu kata Key, diterima langsung oleh warga Kariu dan disaksikan Danrem 151 Binaiya, Brigjen AP Ritiauw dan Kapolresta Pulau Ambon Kombes Raja Arthur Simamora.

“Kami serahkan langsung kepada masyarakat pengungsi di Aboru, Alhamdulillah syukur, penyerahan juga disaksikan oak Danrem dan Kapolresta yang kebetulan sedang berada di Aboru siang tadi,” ujarnya.

Baca Juga: SBB Kini Masuk Jalur Tol Laut

Key mengaku, pihaknya akan terus mendorong bantuan bagi warga Kariu disana, sebab bantuan berikutnya akan kembali disiapkan dalam waktu dekat ini.

Menyoal penanganan lebih lanjut soal korban material yang menimpa warga Kariuw pasca bentrok, Key mengaku, langkah itu pasti dilakukan, namun untuk sementara BPBD akan fokus pada pemenuhan kebutuhan dasar pengungsi, sambil menghimpun data kerusakan yang terjadi akibat bentrok dimaksud.

“Pasti bantuan penanganan rumah warga yang terbakar, rusak akan ditangani, sementara ini kita fokus dulu untuk memenuhi kebutuan dasar pengungsi, sambil menyiapkan teknis penanganan masalah itu,” tandansya. (S-36)