SAUMLAKI, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar mengingatkan, pentingnya hidup sehat kepada seluruh masyarakatnya agar terhindar dari penyakit.

“Tidak merokok, tidak minuman beralkohol, budayakan konsumsi buah dan sayur. Cek kesehatan berkala dan menjaga kebersihan lingkungan,” tegas Penjabat Bupati Tanimbar Daniel Indey ketika mencanangkan germas yang dipusatkan di  Lapangan Mandwiriak.

Ia mengaku saat ini dimana jumlah penduduk usia produktif dua kali lipat dibandingkan dengan usia non produktif. Hal ini menjadi potensi sekaligus tantangan untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Lebih lanjut dikatakan hasil evaluasi pelaksanaan RPJMN tahun 2020-2024 menunjukan dari 13 sasaran pokok pembangunan kesehatan, masih sangat sulit tercapai, termasuk belum terkendalinya penyakit tidak menular (PTM).

“Ini akan menambah beban pemerintah dan masyarakat karena penanganannya tentu membutuhkan biaya besar dan teknologi tinggi. Selain itu, kematian dan cacat, karena PTM menyebabkan hilangnya potensi SDM dan menurunnya produktivitas,” jelasnya.

Untuk itu perlu dilakukan evaluasi dan refleksi pelaksanaan Germas, baik di tingkat pusat maupun di daerah untuk melihat sejauh mana inisiatif dan bagaimana dampak­nya terhadap pembangunan kesehatan secara umum.

“Mari kita bersama-sama mendukung pelaksanaan kegiatan ini melalui penerapan pola hidup sehat sebagai kewajiban serta budaya agar kita tetap sehat, bugar dan produktif dan terhindar dari penyakit,” Imbuhnya.

Usai sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan komitmen Germas serta penandatanganan komitmen oleh penjabat bupati, sekda, para asisten dan forkopimda serta pimpinan OPD. (S-26)