PLT Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku H. Yamin, memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah beserta seluruh masyarakat di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) yang telah menunjukan dan membuktikan kuatnya budaya Maluku “katong samua orang basudara”.
Apresiasi ini disampaikan Plt Kakanwil Kemenag Maluku Yamin saat memberikan sambutannya pada acara Pembukaan MTQ ke-29 di Kota Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Jumat (18/3).
Yamin mengatakan, antusias masyarakat KKT yang secara statistik 92% menganut agama Kristen Protenstan dan Katolik ikut mensukseskan even keagamaan umat Islam di Provinsi Maluku ini layak dijadikan role model percontohan penguatan program moderasi beragama dan kerukunan untuk Indonesia.


“Mari kita satu komando dalam toleransi dan penguatan moderasi beragama, dari Tanimbar untuk Maluku dan dari Maluku untuk Indonesia,” ajaknya.
Dijelaskan Yamin, pelaksanaan MTQ yang saat ini berlangsung di tanah “Duan Lolat” sejak 18-24 Maret 2022 mendatang bukan sekedar agenda rutin dan ajang kompetisi prestasi belaka, momentum ini merupakan event penguatan nilai-nilai kedamaian yang terkandung dalam Al-Quranul Karim, yang menjadi spirit umat untuk senantiasa hidup rukun dan damai.
“Kami yakin dengan penyelenggaraan MTQ saat ini di KKT bukan hanya memperkuat jati diri seorang muslim dan muslimah, tetapi juga akan memperkokoh semangat Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathaniyah dan Ukhuwah Insaniyah,” ujarnya.
Semangat persaudaraan cintah kasih dan sayang sesama manusia inilah, lanjut Yamin, merupakan contoh terbaik yang digambarkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk lebih menyemangati seluruh elemen bangsa terlibat dalam penguatan kehidupan masyarakat yang majemuk tanpa harus melihat perbedaan.
“Kami yakin bahwa pelaksanaan MTQ ke-29 Tingkat Provinsi Maluku di Kepulauan Tanimbar ini merupakan wujud nilai-nilai persaudaraan sejati di bumi “Duan Lilat,” imbuhnya. (S-08)