AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Provinsi Maluku Anos Yermias minta kepada Pemda Maluku, untuk dapat memperjuangkan masa depan para atlet berprestasi di ajang PON XX Papua.

Ia juga mengapresiasi pemda yang telah memberikan bonus sesuai janji kepada para atlet ini, namun pemda juga harus memperjuangkan masa depan para atlet ini, minimal menjadi anggota TNI dan Polri.

“Kami minta pemda untuk memperjuangkan masa depan para atlet, artinya bagi para atlet yang belum ada pekerjaan tetap diakomodir dalam OPD yang membutuhkan tenaga, sedangkan bagi yang sementara mengikuti seleksi anggota TNI atau Polri pemda harus memperjuangkan mereka untuk masuk jadi anggota TNI atau Polri,”tandas Anos.

Menurutnya, saat ini Polri sementara melakukan rekrutmen calon Bintra Polri tahun anggaran 2021, sehingga pemda diharapkan dapat menjembatani ke Polda Maluku.

Apalagi, arahan Kapolri Jenderal Listio Sigit Prabowo yang menginstruksikan agar para atlet peraih medali saat PON XX akan diakomodir dan diberikan dispensasi untuk bergabung menjadi anggota Polri.

Baca Juga: Sambut Hari Armada Lantamal IX Gelar Lomba Ketangkasan Air

“Arahan Kapolri jelas, bahwa terhadap atlet peraih medali akan diakomodir untuk menjadi anggota Polri dan diberikan dispensasi,”tuturnya.

Untuk itu, menurut Anos, Pemda Maluku harus menggunakan arahan Kapolri ini sebagai pintu masuk, untuk memberikan pekerjaan tetap kepada para atlet selama ini telah mengharumkan nama Maluku di kanca Nasional. (S-50)