AMBON, Siwalimanews – Untuk mempersiapkan diri sebagai tuan rumah kejuaraan nasional panjat tebing, Pemprov Maluku menyiapkan anggaran sebesar Rp1,2 miliar guna membangun sarana pendukung.

Kota Ambon sudah ditetapkan oleh Pengurus Besar Federasi Panjat Tebing Indonesia (PB-FPTI), sebagai tempat pelaksanaan kejuaraan nasional panjat tebing dan sekaligus melakukan melantik kepengurusan FPTI Maluku.

“Pembangunan sarana dan prasanan sudah kita siap di dokumen pelaksanaan anggaran Dinas Pemuda dan Olahraga, sebesar 500 juta tahun ini,” kata Kadispora Maluku Sandi Wattimena kepada Siwalima di Kantor Gubernur, Senin (1/3).

Menurutnya waktu pelantikan pengurus FPTI maluku dari pengurus pusat menyampaikan tahun 2022 Maluku sebagai tuan rumah Kejurnas panjat tebing.

“Siap atau tidak, kita harus siap, sebagai tuan rumah,” kata Wattimena.

Baca Juga: Wamen Tinjau Pembangunan Kantor Pertanahan

Ditanya lokasi pembangunan wall panjat tebing karena selama ini pemerintah maupun dinas tidak memilikinya, Wattimena mengaku sementara berkoodinasi untuk mendapatkan tempatnya.

“Yang pasti tahun ini kita harus membangun wallnya, apakah di Lapangan Mandala atau di Lapangan Merdeka, masih kita koordinasikan dengan Pemerintah Provinsi Maluku,” katanya.

Untuk membangun sarana dan prasarana secara keseluruhan memang membutuhkan anggaran sebesar Rp1,2 miliar.

‘’Nanti tahun depan akan kita usulkan lagi agar sarana dan prasana bisa diselesaikan dan kejurnas ini bisa kita sukseskan,” janjinya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia Maluku Rovik Akbar Affifudin mengaku, Maluku dipastikan akan menjadi tuan rumah pelaksanaan kejuaraan nasional panjat tebing yang akan berlangsung di tahun 2022 mendatang.

“Saya sebagai Ketua FPTI Maluku yang baru dilantik, dapat pekerjaan rumah yang harus dikerjakan, yakni sebagai tuan rumah kejurnas panjat tebing. Untuk itu dalam waktu dekat kita akan segera mempersiapkan event tingkat daerah, mulai kejurda baik di tingkat kabupaten dan kota maupun provinsi,” kata Affifudin kepada wartawan, usai pengukuhan pengurus FPTI Maluku di Pacific Hotel, Sabtu (6/2).

Selain itu, kata Anggota DPRD Maluku itu, pihaknya juga akan mempersiapkan para atlet panjang tebing Maluku untuk berlaga pada epakan olahraga pelajar nasional yang berlangsung tahun ini di Bangka Belitung.

“Mereka yang kita siapkan untuk tutun di Popnas ini, sebagai ajang persiapan menuju Kejurnas di tahun 2022 nanti,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis Pemuda dan Olahraga Maluku Sandy Wattimena, juga membenarkan bahwa di tahun 2022 nanti FPTI Maluku akan menjadi tuan rumah kejurnas panjat tebing.

“Untuk kesiapan Maluku sendiri di ajang ini, saya pikir harus ada dukungan sarana dan prasarana. Untuk itu, kita harus mulai mempersiapkan diri dari sekarang,” tandasnya. (S-39)