AMBON, Siwalimanews – PT. Pelni Cabang Ambon telah menyiapkan sembilan kapal bagi para pemudik. Sembilan kapal tersebut yakni KM. Dorolonda, Dobonsolo, Tidar, Leuser, Sangiang, Sirimau, Nggapulu dan Pangrango serta satu kapal deviasi yaitu KM. Ciremai.

“PT Pelni melakukan persiapan dari tanggal 17 April atau H-15 sampai dengan H+15, karena lebaran kan sekitar tanggal 2 atau 3 Mei,” ungkap Manager Operasional PT. Pelni Cabang Ambon Muhammad Assagaff, kepada Siwalima, melalui telepon seluler, Selasa (13/3).

Dikatakan, pihaknya telah memprediksikan puncak arus mudik Lebaran tahun 2022 terjadi pada 15 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

“Jadi yang masuk Ambon itu ada 8 kapal putih, karena Nggapulu belum jalan jadi sementara masih 8 yang baru jalan. Ciremai tadinya kan tidak masuk sini (Ambon), nanti dari Baubau-Ambon-Sorong pulang pergi. KM. Tidar juga yang tadinya hanya sampai Manokwari saja kini Jayapura,” terangnya.

Selain kapal penumpang ukuran besar, Pelni Ambon juga menyiapkan 5 armada perintis yang homebase di Ambon serta 2 armada homebase di luar Ambon untuk beroperasi.

Baca Juga: Aliansi BEM Se-Kota Ambon Serbu Kantor Gubernur

Lanjut Assagaff untuk mengantisipasi penumpukan penumpang, akan dioperasikan kapal perintis karena jalur Ambon-Banda termasuk salah satu yang cukup padat pemudik. (S-21)