AMBON,Siwalimanews – PT Pelni (Persero) Cabang Ambon belum melayani penumpang komersil akibat wabah Covid-19. “Pelayanan tiket belum dijual untuk penumpang umum, hanya dijual untuk penumpang khusus saja. Sedangkan rute pelayaran masih sama seperti rute normal,” kata Kepala Operasi Pelni Ambon Robby Munardi kepada Siwalima di ruang kerjanya Senin (18/5).

Untuk penumpang khusus harus memenuhi persyaratan Covid-19 yang diajukan Tim Gugus Tugas Covid-19 Maluku. Penumpang khusus yang dimaksud yakni ASN yang mendapat tugas ke luar daerah serta anggota TNI dan Polri. Penumpang khusus ini sudah dibekali dengan surat tugas dari atasan dan surat beba Covid-19.

“Kalau tidak ada surat per­-syaratan yang tidak dilampirkan kepada kami, maka tidak diberikan ijin untuk keberangkatan karena prosedur ini Pelni jalankan disini,” ungkap Munardi.

Ia juga mengaku, penumpang khusus juga harus memenuhi persyaratan lain seperti persetujuan pelabuhan tujuan. “Harus ada konfirmasi untuk pelabuhan tujuan. Kalau memang dari pelabuhan tujuan tidak menerima, maka dari Pelni juga tidak bisa untuk melakukan keberangkatan penumpang bersangkutan,” ujarnya.

Sejauh ini tambah Munardi, animo masyarakat membeli tiket untuk keberangkatan cukup tinggi, tetapi Pelni tetap kepada aturan yang berlaku. “Karena se­-karang pergerakan orang dipan­-tau lewat tim gugus sehingga aturan yang diberlakukan hanya untuk penumpang khusus,” ungkap Munardi.(Mg-5)

Baca Juga: Sekot: Jumlah Penerima BST di Kota Ambon 9.175 KK