AMBON, Siwalimanews –  Matheos Berhitu, pelari kebanggaan masyarakat Maluku kembali dipercayakan negara untuk mewakili Indonesia di kejuaraan internasional bertajuk event Tour of Peninsula.

Kali ini event yang diikuti oleh Berhitu yakni lomba lari Ultra Marathon Daratan atau Tour of Peninsula, Kuala Lumpur yang menempuh jarak 2.239 Km yang pada 1-31 Desember mendatang.

Banyak sudah prestasi di kejuaraan Internasional yang sudah diraih Berhitu terakhir adalah lomba lari Primaya (virtual) sepanjang 500 Km juga diraih dengan predikat juara pertama dan sejumlah event internasional lainnya.

Elisama Elwarin selaku pendamping Matheos mengaku, saat ini saudaranya sudah tiba di Malaysia dan sementara mempersiapkan diri mengikuti event bergengsi tersebut.

“Kemarin sudah dilakukan pelepasan tanggal 18 November oleh Kadis Pemuda dan Olahraga dan di doakan oleh pendeta sebelum dilepas berangkat ke Jakarta,” kata Elvarin saat bertandang ke redaksi Siwalimanews, Sabtu (20/11)

Baca Juga: Sekwan dan Empat Staf Diperiksa Jaksa   

Event Internasional yang berlangsung di Malaysia ini sudah beberapa kali digelar dan dua kali Berhitu meraih juara pertama.

“Ini yang ketiga kalinya kejuaraan internasional diikuti oleh Berhitu dan ini ketiga kalinya, dia minta doa dan dukungan dari masyarakat Indonesia maupun Maluku khususnya,” ucap Elvarin.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sandi Wattimena saat dihubungi melalui telepon selulernya Sabtu (20/11) mengaku, Pemprov Maluku mendukung penuh yang diikuti oleh pelari asal Maluku.

“Kami berharap Berhitu dapat memberikan hasil yang maksimal dan mengharumkan nama bangsa dan tentunya Provinsi Maluku. Untuk itu kami minta doa dan dukungan dari semua pihak baik masyarakat Maluku maupun seluruh masyarakat Indonesia,” tandasnya. (S-39)