AMBON, Siwalimanews – Setelah resmi mengemban tugas sebagai Kapolda Maluku, pasca dilantik oleh Kapokri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam upacara serah terima jabatan, yang berlangsung di Gedung Rupatama Mabes Polri, Rabu (29/12) kemarin, Irjen Lotharia Latif, direncanakan akan mengawali tugas perdananya sebagai Kapolda Maluku pada pekan depan.

Hal ini disampaikan Wakapolda Maluku, Brigjen Jan de Fretes saat memimpin pers rilis akhir tahun di Rupatama Polda Maluku, Kamis (30/12).

Menurutnya, Kapolda saat ini sementara melaksanakan serangkaian kegiatan di Polda NTT, mengingat jabatan sebelumnya sebagai Kapolda disana.

“Kemarin sudah dilantik di Mabes Polri, saat ini bapak Kapolda sementara melaksankan serangkaian kegiatan di Polda NTT. Minggu depan atau paling lambat Hari Minggu sudah ada di Maluku,” jelas Wakapolda.

Sebelumnya, Irjen Lotharia Latif resmi mengemban tugas sebagai Kapolda Maluku menggantikan Irjen Refdi Andri yang dimutasikan sebagai Patih Sahli Kapolri dalam rangka pensiun.

Baca Juga: Terjaring OTT, Kasat Lantas Polresta Ambon Dinonaktifkan

Irjen Refdi Andri menjabat sebagai Kapolda Maluku selama satu tahun lebih dan akan pensiun pada awal bulan Januari tahun 2022.

Pelantikan Irjen Lotharia Latif  menjadi Kapolda Maluku oleh Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersamaan dengan enam  kapolda baru, dalam upacara serah terima jabatan, yang berlangsung di Gedung Rupatama Mabes Polri, Rabu (29/12).

Pelantikan para kapolda baru ini, berdasarkan surat telegram Nomor ST/2568/XII/KEP./2021, tertanggal 17 Desember 2021, yang ditandatangani oleh AS SDM Irjen Wahyu Widada atas nama Kapolri. (S-45)