JAYAPURA, Siwalimanews – Chelsea Corputty, akhirnya mengangkat wajah Maluku, dengan menyabet emas pertama di PON XX Papua 2021.

Corputty berhasil mengalahkan pesaingnya pada perlombaan yang digelar di Teluk Youtefa, Jayapura, Kamis (7/10) siang.

Bermain di nomor Rowing Single Scull kelas ringan, personel Korps Komando TNI-AL itu finish di urutan pertama, disusul perwakilan Jawa Barat dan Riau.

Dengan kemenangan itu, atlet putri kebanggaan Maluku tersebut berhasil mempertahankan gelarnya sebagai juara bertahan. Pada PON 2016 lalu, Corputty juga mampu meraih Emas pada nomor yang sama.

Sebelumnya, Corputty lolos ke final setelah menempati posisi kedua dengan catatan waktu 08:32.298 menit.
Pada PON XX Papua, tim dayung Maluku mengirim 10 atlet dayung, terdiri dari satu putra di canoeing, tujuh putra di rowing dan tiga putri lain di rowing.

Baca Juga: Behuku Tambah 1 Tiket Maluku ke Final Rowing PON XX

Maluku sendiri menargetkan tiga medali emas di PON XX Papua, salah satunya melalui nomor Chelsea/Arni Pattipeilihu yang nantinya tampil di kelas ringan.

Sebelumnya, Chelsea/Arni tampil tercepat saat turun pada babak penyisihan kelas ringan atau lightweight women’s double sculls di Teluk Youtefa, Jayapura, Selasa (5/10).

Chelsea dan Arni mampu menuntaskan perlombaan sejauh 2000 meter dengan catatan waktu 07:41:340.

Sementara itu, pedayung asal Jawa Barat, Melani Putri dan Sylvia Lisdiana berada di posisi kedua dengan torehan 07:43:415. Padahal, keduanya merupakan atlet Pelatnas yang sebelumnya tampil di Olimpiade 2020 Tokyo.

Sedangkan peringkat ketiga didapatkan oleh Endang Sri Hevina dan Mutiara Rahma Putri, 07:48:790. (S-50)