AMBON, Siwalimanews – Personel Brimob Polda Maluku terus menggalakan patroli Harkamtibmas sembari memberikan edukasi tentang bahaya penyebaran dan bagaimana cara mencegah Covid-19 di masa adaptasi baru.

Edukasi ini diberikan walaupun saat ini Kota Ambon masih berstatus zona orange dan berada pada pelaksanaan PSBB transisi. Sebanyak 5 personel Detasemen Gegana Satbrimob Polda Maluku melaksanakan patroli Harkamtibmas dan penerapan physical distancing di Kota Ambon yang dipimpin Brigpol Ersyad Al Idrus.

Komandan Satuan Brimob Polda Maluku yang diwakili Wakil Komandan Detasemen Gegana AKP Denny Sandera menjelaskan, dalam melaksanakan patroli ini, personelnya menerapkan metode humanis kepada masyarakat dalam menyampaikan himbauan tentang bahaya corona.

“Metode ini dilakukan agar masyarakat dapat mempercayai bahwa kita masih hidup berdampingan dengan Covid-19,” ujar Wadanden Gegana.

Pada setiap lokasi yang dilalui atau disinggahi para personel yang melaksanakan patroli, mereka memberikan arahan kepada warga agar selalu menggunakan masker saat pada saat di luar rumah dan selalu mencuci tangan.

Baca Juga: Brimob Dobo Lakukan Patroli Harkamtibmas

Pasalnya, masker sangat penting untuk kesehatan disaat pandemi. Tak hanya itu, para personel juga menekankan pentingnya menjaga jarak dan pola hidup sehat secara mandiri.

“Gunakan masker dengan benar hingga menutupi mulut dan hidung ketika sakit atau saat berada di tempat umum. Buang tisu dan masker yang sudah digunakan ke tempat sampah dengan benar, lalu cucilah tangan,” ajaknya.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk memantau perkembangan pandemi Covid-19, namun dari sumber resmi dan akurat. Selain itu juga mengikuti arahan serta informasi dari petugas kesehatan dan dinas kesehatan setempat.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk bakti Brimob Polda Maluku terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19 demi memutus mata rantai penyebaran virus corona di Kota Ambon. (S-45)