AMBON, Siwalimanews – Bertambah satu lagi pasien Covid-19 meninggal dunia, Rabu (4/11) di RSUD dr M Haulussy, Ambon.

Almarhumah ML (59) asal warga Kota Ambon, meninggal dunia dalam perawatan medis di IGD sekitar pukul 12.15 WIT.

“Tambah lagi satu pasien asal Kota Ambon yang terpapar covid meninggal dunia tadi siang,” kata Ketua Satgas Covid-19 Maluku, Kasrul Selang dalam rilis yang diterima Siwalima, tadi malam.

Almarhumah dibawa oleh keluar­ganya untuk mendapat perawatan medis di RSUD dr M Haulussy sekitar pukul 11.50 WIT.

“Ketika masuk IGD sudah dalam kondisi lemas. Tim medis kemu­dian melakukan perawatan, namun almahumah yang memiliki penya­kit penyerta tidak bertahan lama akhirnya meninggal dunia,” terang Kasrul.

Baca Juga: 549 Pasien Covid di Maluku Masih Jalani Perawatan

Tim medis sempat mengambil sampel swab untuk dilakukan pe­meriksaan laboratorium. Tes yang dilakukan oleh tim dokter dengan menggunakan metode tes cepat molekuler hasilnya positif.

“Hasil TCM atas nama almarhu­mah positif terpapar Covid-19, tim medis kemudian menjelaskan ha­silnya kepada pihak keluarga dan mereka menerima itu,” jelas Kasrul.

Jenazah almarhumah kemudian dilakukan pemulasaran oleh Sat­gas Covid-19 didampinggi oleh pihak keluarga.

Jenazah almarhumah kemudian dibawa menggunakan mobil ambulance meninggalkan RSUD dr M Haulussy pada pukul 18.45 WIT yang sebelumnya telah dilakukan doa pelepasan jenazah oleh Pendeta dari Gereja Kristen Protestan Injil (GKPI).

Pemakaman dilaksanakan pu­kul 19.50 WIT dan disaksikan oleh pihak keluarga.

“Pemprov Maluku dan Satgas Covid-19 Maluku turut berbela­sungkawa atas meninggalnya ibu ML. Semoga almarhumah menda­pat tempat yang layak di sisi Tuhan Yang Maha Esa, dan keluarga yang ditinggalkan selalu diberikan ketabahan dan penghiburan,” ucap Kasrul.

Dengan bertambahnya pasien terkonfirmasi positif asal Kota Ambon yang meninggal dunia, maka jumlah pasien yang meninggal dunia di Maluku sebanyak 48 orang. “Tambah satu pasien yang meni­nggal di Kota Ambon sampai dengan hari ini sebanyak 33 orang,” ujar Kasrul.

Sebelumnya diberitakan warga Kota Ambon berinisial YT (56) meninggal dunia, Senin (26/10) dinihari, tak lama setelah dibawa ke RSUD dr M. Haulussy.

“Benar satu lagi pasien terkon­firmasi meninggal dunia. Almarhu­mah merupakan warga Kota Ambon,” kata Ketua Satgas Covid-19 Maluku, Kasrul Selang.

Dijelaskan, almarhumah dibawa oleh keluarga ke RSUD dr M Haulussy pada hari Minggu (25/10) pukul 19.45 WIT. Namun setelah ditangani, nyawanya tak tertolong.

“Karena memiliki penyakit ba­waan menjurus ke covid, tim medis kemudian melakukan pengambi­lan swab dan melakukan tes cepat dengan metode teknik cepat mole­kuler. Hasilnya ibu YT dinyatakan positif terpapar covid,” jelas Kasrul.

Setelah hasil swabnya keluar, tim medis kemudian melakukan komunikasi dengan pihak keluar­ga. “Keluarga pun menerima hasil swab, dan tim dokter memberi­kan penjelasan kepada keluarga almarhumah atas hasilnya,” terang Kasrul. (S-39)