AMBON, Siwalimanews – Setelah menjalani pemeriksaan insentif, banyak pasien terkonfirmasi di Kota Ambon dinyatakan sembuh dan tersisa 61 orang yang menjalani isolasi terpusat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon, Wendy Pelupessy mengungkapkan pasien Covid-19 di kota ini sudah semakin berkurang.

“Jumlah pasien terkonfirmasi di Kota Ambon, sampai dengan data terakhir yang masuk itu, sisa 61 orang saja,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon, Wendy Pelupessy, di Balai Kota, Senin (13/9) kemarin.

Dijelaskan Pelupessy, 61 pasien Covid-19 di Kota Ambon itu, terbagi atas dua yakni, sebagian mendapatkan isolasi terpusat, dan separuhnya lagi isolasi mandiri atau isoman).

“Total semuanya itu 61 orang, dan kalau tidak salah 20 diantaranya masuk dalam pasien isoman. Sementara sisanya, dirawat di rumah sakit dan rumah sakit lapangan,” jelasnya.

Baca Juga: KM Jervai Ditemukan, 42 Penumpang Dievakuasi

Lebih lanjut, Pelupessy mengaku, rumah sakit lapangan milik Pemerintah Kota Ambon, saat ini juga sudah tidak sepadat dahulu. Itu disebabkan lantaran angka kesembuhan yang terus meningkat. “Kita punya dua rumah sakit darurat, yang satu di Hotel Everbright dengan jumlah pasien dirawat 10 orang, dan Asrama Haji Waiheru 15 orang, sisanya di rumah sakit,” paparnya.

Pelupessy menambahkan, data yang dimiliki pihaknya terkait jumlah pasien terkonfirmasi di Kota Ambon tersebut, merupakan data valid yang diperoleh dari timnya di desa dan kelurahan.

“61 ini data real yang sudah di kroscek di lapangan. Sebab kita punya data itu, berasal dari Satgas Covid-19 di desa, dan sudah dicocokkan. Maka sisa 61 saja,” tutupnya. (S-52)