Pasca Terbentuk, PMC Unpatti Gelar Kegiatan Webinar I

AMBON, Siwalimanews – Pasca terbentuknya Publication Management Centre (PMC) Unpatti berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor 10/UN 13/SK/2020, bulan Februari lalu, PMC Unpatti menggelar kegiatan perdananya melalui webinar I dengan tema : Strategi Menembus Jurnal  Bereputasi, Selasa (30/6).

Rektor Unpatti, MJ Saptenno dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, webinar ini adalah webinar pertama yang dilaksanakan oleh PMC atau Pusat Studi Publikasi Unpatti Ambon yang baru saja terbentuk.

“Webinar ini merupakan sarana transfer knowledge  tentang bagaimana melaksanakan penelitian ilmiah yang berkualitas, dan menseminasi hasil penelitian dalam bentuk tulisan yang berkualitas untuk dipublikasikan pada jurnal nasional  bereputasi maupun jurnal internasional bereputasi,” ujarnya.

Rektor berharap, webinar ini dapat menjawab pertanyaan dan kegalauan hati para dosen tentang bagaimana dapat menembus jurnal nasional dan internasional bereputasi, karena disadari bahwa selama ini para dosen masih sering gagal menerbitkan tulisannya karena penulisannya belum mencirikan sebuah kebaruan dan belum sesuai dengan kaidah penulisan pada jurnal nasional maupun internasional bereputasi.

Ketua PMC Unpatti Ambon, Fransina Latumahina dalam laporannya mengatakan, PMC memiliki tugas utama untuk mengkoordinir dan mendorong publikasi para dosen di lingkungan Unpatti Ambon untuk menjadi lebih baik, maju dan berkembang sehingga hasIl – hasil penelItian dapat terpublikasi pada jurnal-jurnal nasional maupun internasional bereputasi.

“Saat ini Unpatti dihadapkan dengan tantangan untuk menaikan grade universitas dalam bidang penelitian dan publikasi, sehingga kehadiran PMC diharapkan  dapat menjadi motor penggerak bagi para dosen dalam berkarya dan mendesiminasi hasil-hasil penelitiannya dalam bentuk publikasi,” ungkap Latumahina, dalam releasenya, yang diterima Siwalima, Selasa (30/6).

Menurutnya, dosen dengan kualifikasi ilmu dan prestasi publikasi jurnal  yang baik akan memberikan prestise tersendiri bagi lembaga dan dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dikatakan, tujuan kegiatan ini yakni, satu, menambah wawasan tentang publikasi bagi para dosen baik dari Unpatti maupun luar Unpatti sehingga dapat mencapai grade publikasi terbaik dan menempati urutan peringkat tertinggi di Sinta maupun indeksasi internasional lainnya.  Dua, diharapkan dapat menjawab pertanyaan dan kegalauan hati para dosen tentang bagaimana dapat menembus jurnal nasional dan Internasional bereputasi, karena disadari bahwa selama ini para dosen masih sering gagal menerbitkan tulisannya karena penulisannya belum mencirikan sebuah kebaruan dan belum sesuai dengan kaidah penulisan pada . . .

. . . jurnal nasional maupun internasional bereputasi serta ketiga, diharapkan dapat memberikan motivasi bagi para dosen untuk menghasilkan penelitian dan publikasi yang bermutu sehingga dapat bermanfaat bagi  “user dan stackholder sehingga pada gilirannya juga dapat meningkatkan grade peneliti itu sendiri maupun universitasnya  di tingkat nasional maupun internasional.

“Narasumber yang dihadirkan sebanyak lima orang yakni, Muhammad Arsyad (Direktur Publication Management Center Universitas Hasanudin Makassar) tentang Pengelolaan Pusat Studi Publikasi dan Strategi Pening­katan Publikasi Internasional Bereputasi; Andi  Anto Palak (Universitas  Negeri Makassar) tentang Retrieve Metadata Scopus; M Nur Huda (Universitas Kanjuruhan Malang) tentang Referensi Manager Mendeley and End Note; I. Elim. (Universitas Pattimura) tentang Bagaimana Melakukan Riset Yang Berkualitas serta Ch. R Titaley  (Universitas Pattimura) tentang Bagaimana Menulis Artikel Ilmiah Siap Publikasi,” bebernya.

Adapun peserta webinar kesatu PMC Unpatti ini, tambah dia, sebanya 664 orang, yang terdiri dari dosen Universitas Unpatti sebanyak 242 orang dan universitas lainnya sebanyak 422 orang dari seluruh Indonesia. Peserta mengikuti webinar pagi ini melalui aplikasi zoom dan stereaming you tube.

Turut hadir, F. Leiwakabessy ( Wakil Rektor I Bidang Akademik Unpatti), Jantje Tjiptabudi (Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan Unpatti), Yusuf.Madubun (Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unpatti), Muspida (Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerja sama  dan Sistem Informasi Unpatti) serta para dekan dan pimpinan lembaga dalam Unpatti Ambon.  (S-16)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *