AMBON, Siwalimanews – Gempa dengan magnitudo 5,9 skala richter yang mengguncang Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (4/11) lalu telah menimbulkan kerugian harta benda milik masyarakat Negeri Sawai.

Terhadap kondisi ini, anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Kabupaten Maluku Tengah Halimun Saulatu minta Pemda Maluku maupun Pemda Kabupaten Malteng untuk segera menangani bencana yang terjadi.

Pihaknya juga sangat prihatin terhadap masyarakat Negeri Sawai yang harus kehilangan tempat tinggal, termasuk dengan trauma yang mendalam atas bencana alam ini.

“Ini bencana alam yang sangat memprihatikan, karena masyarakat mengalami kerugian serta trauma yang mendalam dengan peristiwa ini. Karena itu, perlu penanganan yang cepat dari pemerintah” ujar Halimun kepada Siwalimanews, di Ambon, Sabtu (6/11).

Menurutnya, Pemda Kabupaten Maluku Tengah dan Pemda Maluku harus segera melihat dan membantu penanganan korban, baik kerugian material maupun non material, termasuk memikirkan langkah-langkah edukatif, maupun antisipatif bagi masyarakat terhadap persoalan ke depan.

Baca Juga: Wenno Minta KPK Permudah Layanan Pelaporan Masyarakat

Apalagi, gempa  yang mengguncang Negeri Sawai bukan saja merusak rumah warga, tetapi juga fasilitas umum seperti tempat ibadah, sekolah, talud penahan ombak dan bangunan lainnya, artinya atas bencana ini telah menimbulkan kerusakan ringan, sedang dan rusak berat.

“Saya yakin, Pemkab Malteng maupun Pemprov Maluku mahir dalam proses penanganan bencana seperti ini, karena sudah terbiasa menanganinya. Untuk itu saya berharap masyarakat dapat tertangani dengan cepat,” harapnya. (S-50)