AMBON, Siwalimanews – Pemkot Ambon diminta, untuk tidak hanya menjadikan Pasar Mardika dan Batu Merah sebagai kawasan protokol kesehatan, tetapi juga dilakukan pada pasar tradisional yang lainnya di Kota Ambon.

“Memang sangat baik dengan apa yang dilakukan oleh Pemkot Ambon yakni dengan menjadikan kawasan Pasar Mardika dan Batu Merah sebagai kawasan protokol kesehatan,  tetapi harus dilihat lagi bukan hanya lokasi itu saja harus juga pasar-pasar yang lain seperti pasar Passo, Waihweru Benteng,” jelas anggota DPRD Kota Ambon, Swenly Hursepuny saat diwawancarai Siwalima, Jumat (5/6).

Menurutnya, namanya pasar tetap ada saja ada pedagang dan masyarakat, sehingga perlu diterapkan protokol kesehatan.

Selain itu, perlu ada perhatian khusus bagi pasar-pasar yang lain, karena pasar merupakan tempat keramaian yang didatangi oleh banyak orang, sehingga  sebaiknya protokol juga dilakukan di pasar- pasar yang lain. Hal ini merupakan langkah yang baik bila dilakukan oleh pemerintah.

Kata dia, protkol kesehatan dmaksudkan untuk masyarakat dapat melakukan berbagai macam anjuran yang disampaikan oleh pemerintah, dalam pemutusan mata rantai virus corona dengan menggunakan masker saat berbelanja maupun keluar rumah, menjaga jarak saat berbelanja sehingga jarak lapak antar pedagang maupun pembeli juga bisa diatur.

Baca Juga: Perwali Diteken, Pembatasan Kegiatan Masyarakat Diterapkan

Untuk menerapkan itu, maka membutuhkan perhatian yang baik dari semua pihak termasuk para pedagang juga di pasar-pasar tradisional tersebut.

Ia berharap,nantinya jika telah dilakukan kawasan tertib protokol di pasar-pasar yang lain, masyarakat juga harus paham benar akan kedisipilan untuk patuh terhadap kebijakan- kebijakan yang telah dibuat. (Mg-5)