DOBO, Siwalimanews – Pasangan Balon Bupati dan wakil Bupati Johan Gonga dan -Muin Sogalrey atau yang dikenal dengan JOIN, dipredikasi akan bertanding melawan kotak kosong pada perhelatan Pilkada Aru tahun ini.

Pasalnya, pasangan petahana ini telah mengantongi enam rekomendasi dari enam partai, yakni Nasdem, PKPI, Perindo, Hanura, Gerindra, PPP.

Selain enam rekomendasi ini pasangan ini juga masih terus membangun komunikasi dengan PKB yang miliki empat kursi di DPRD Aru. Bahkan sesuai rumor yang beredar, bahwa kemungkinan besar PKB akan merapat, usai PDI-P memberikan rekomendasi mengusung pasangan ini.

“Yang sudah final enam partai pengusung yakni Nasdem, PKPI, Hanura, Gerindra, PPP dan Perindo. Sedangkan PDI-Perjuangan dan PKB pekan besok,” ungkap Ketua Relawan Johan Gonga, Recky Bothmir kepada Siwalimanews telepon selulernya kemarin.

Menurutnya, bila dilihat dari akumulasi perolehan kursi di DPRD, Partai Nasdem (5 Kursi), PKPI (2 Kursi), Hanura (1 Kursi), PPP (1 Kursi), Gerindra (3 Kursi) dan Perindo (1 Kursi), maka pasangan JOIN itu sudah melebihi persyaratan 20% yang diisyaratkan KPU.

Baca Juga: Pemkot Belum Terima Juknis dari Pemprov

Selanjutnya, bila pekan besok PDIP dan PKB resmi menyatakan sikap lewat rekomendasinya untuk mengusung pasangan ini, maka dipastikan pasangan JOIN akan sendiri bertarung melawan kotak kosong di pilkada Aru tahun ini.

“Jika benar PDIP berikan rekomendasi menyusul PKB dipastikan JOIN lawan kotak kosong, sebab partai sisa yakni Golkar, Berkarya dan PKS masing-masing hanya miliki satu kursi dan itu  tidak mencapai 20%  persen untuk mengusung bacalon lain lagi,” tandasnya. (S-25)