DOBO, Siwalimanews – Dalam rangka memantau kesiapan pelaksana pilkada, maka Penjabat Bupati Kepulauan Aru, Rosida Soamole mengunjungi Bawaslu, Rabu (7/10).

Kunjungan ini juga sekaligus ajang silaturahmi Soamole dengan Bawaslu Aru serta sekretariat desk Pilkada Kesbangpol.

Soamole menjelaskan, selain Bawaslu, KPU Aru juga masukd alam agenda kunjungan ini, namun karena seluruh komisioner sementara tugas dinas keluar daerah, sehingga agenda tersebut ditunda hingga seluruh komisioner berada di tempat.

“Kunjungan ini sekaligus jalankan instruksi gubernur terkait dengan laporan kesiapan KPU, Bawaslu, maupun Kesbangpol dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, baik sebagai lembaga penyelenggara, lembaga pengawas maupun Kesbangpol sebagai bagian dari pemda dalam melaksanakan tupoksinya,” ungkap Soamole dalam pertemuan dengan pihak Bawaslu.

Ketua Bawaslu Aru Ambran Bugis pada kesempatan itu, menjelaskan, seluruh jajaran Bawaslu dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga pengawas TPS semuanya sudah siap dalam melakukan tugas pengawasan pilkada nanti.

Baca Juga: Brimob Sterilkan Kantor DPRD Maluku

“Untuk seluruh tahapan pilkada yang telah berjalan selalu dalam pengawasan oleh petugas kita di lapangan,” ujar Bugis.

Selain itu, terkait dengan netralitas ASN dalam pilkada, Bawaslu juga telah melakukan sosialisasi dari kecamatan hingga tingkat desa, serta berkoordinasi dengan Sekda Aru, Moh Jumpa terkait.

Kepala Sekretariat Bawaslu Aru Fredy Sogalrey menambahkan, dalam seluruh tahapan selalu di perhadapkan dengan kendala mobilisasi, baik jelang hari H maupun sesudahnya. Olehnya itu butuh dukungan dari pemda dalam menunjang kebutuhan tersebut.

Usai mendengar penjelasan pihak Bawaslu Soamole mengaku, ini akan menjadi catatan kritis untuk di sikapi oleh pemda.

“Hal ini akan di koordinasikan dengan Dishub terkait dengan mobilisasi pengawasan kotak suara, baik sebelum maupun sesudah,” janji Soamole. (S-25)