AMBON, Siwalimanews – Menjelang pelaksanaan Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus Nasional (FSLDKN) XX tahun 2021 yang akan berlangsung 27-31 Oktober mendatang, maka seluruh panitia pelaksana menjalani pemeriksaan kesehatan.
Pemeriksaan kesehatan yang dipusatkan di central office (Gedung A Fakultas Ekonomi) Unpatti Ambon dilaksanakan oleh Devisi Kesehatan dan Kebersihan Panitia FSLDKN Ambon, Rabu (20/10)
“Kegiatan ini bersifat wajib bagi seluruh panitia. Pemeriksaan dimulai pada pukul 09.00 WIT sampai dengan pukul 12.30 WIT. Dalam pemeriksaan kita hadirkan mahasiswa kedokteran Unpatti dan mahasiswa poltekes, yang terlibat serta memiliki peran penting dalam kepanitiaan FSLDKN XX nanti,” ungkap Ketua Panitia FSLDKN XX Aris Munandar kepada Siwalimanews, usai kegiatan tersebut.
Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan menyongsong digelarnya FSLDKN XX, yang mana seluruh panitia yang terlibat perlu dipastikan kondisi mereka dalam keadaan sehat.
Kegiatan ini sangat penting dilakukan, agar semua orang yang terlibat dalam panitia, yang miliki keluhan tentang kondisi kesehatannya bisa segera diantisipasi jauh hari, sebelum memasuki acara puncak FSLDKN XX yang akan berlangsung di Kota Ambon.
“Pemeriksaan kesehatan ini meliputi tekanan darah, tinggi badan dan berat badan, apakah ideal atau tidak. Yang terpenting adalah pemeriksaan terkait keluhan-keluhan yang ada. Mungkin hasil dari keluhan-keluhan seperti pinggang sakit, maag dan sebagainya dapat segera ditangani melalui kegiatan ini,” tandas Munandar.
Sementara itu Ketua Devisi Kesehatan dan Kebersihan Sri Yunita menambahkan, kegiatan ini penting untuk dilakukan, karena tim Devisi Kesehatan dan Kebersihan berkaca dari pengalaman FSLDKN ke XV ditahun 2010 di Kota Ambon kemarin, banyak panitia yang jatuh sakit. Artinya lebih banyak panitia yang sakit, dibandingan dengan peserta kegiatan.
Untuk itu, kegiatan pemeriksaan kesehatan ini penting dilakukan, sehingga nantinya seluruh panitia yang bertugas, selalu dalam keadaan fit, dan mereka juga akan dibekali dengan beberapa vitamin yang nantinya disediakan oleh devisi ini yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Maluku
“Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan melalui beberapa tahapan penting. Kebetulan juga saya yang periksa dan dibantu oleh tim devisi kesehatan dan kebersihan FSLDKN XX . Terakhir dari pemeriksaan ini adalah pengambilan obat bagi teman-teman yang terindikasi miliki riwayat sakit maag, lambung atau nyeri kepala, nyeri tulang belakang, sakit pinggang dan lain-lain sebagainya,” ungkap Yunita.
Dokter muda lulusan Unpatti ini mengaku, kegiatan ini berjalan lancar dan kondusif, dimana pemeriksaan dibagi menjadi dua tim yakni, tim pria dan tim wanita. (S-45)