AMBON, Siwalimanews – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menghimbau prajurit dan PNS untuk menjaga kepercayaan masyarakat dengan bertindak dan berucap sesuai dengan tugas pokok TNI.

Himbauan ini disampaikan Panglima dalam amanatnya yang dibacakan Gubrnur Maluku, Murad Ismail sebagai inspektur upacara pada perayaan HUT TNI ke-77 dengan tema,”TNI adalah Kita”.

Upacara HUT TNI tersebut dipu­satkan di lapangan upacara Lanta­mal IX Ambon di Desa Halong, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Rabu (5/10). Bertindak selaku komandan upacara, Letkol Marinir Rowin Simarmata.

Panglima mengungkapkan, TNI mendapatkan kado istimewa dari masyarakat Indonesia selaku pemilik kedaulatan tertinggi di NKRI. Kado tersebut berupa tingkat keperca­yaan masyarakat kepada TNI.

Dikatakan, kepercayaan tertinggi dari masyarakat diantaranya, hasil survei lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) tanggal 24 Juni 2022, TNI mendapatkan kepercayaan tertinggi dari publik sebesar 93,2%.

Baca Juga: Pesparani Katolik IV Maluku Berlangung Sukses

Sedangkan hasil survei tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga hukum versi Lembaga Survei Indonesia tertanggal 31 Agustus 2022, TNI mendapatkan tingkat kepercayaan masyarakat paling tinggi yakni 93%.

“Demikian juga hasil lembaga survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) tanggal 27 September 2022 yang merilis, hasil survei dukungan dan kepuasan kinerja TNI terhadap demokrasi, sebesar 93.5 %,” ujarnya.

Berdasarkan hasil dari beberapa lembaga survei lanjut Panglima, TNI mendapat kepercayaan tertinggi dari masyarakat diantaranya, hasil survei lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) tanggal 24 Juni 2022, TNI mendapatkan kepercayaan tertinggi dari publik sebesar 93,2%.

Sedangkan hasil survei tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga hukum versi Lembaga Survei Indonesia tertanggal 31 Agustus 2022, TNI mendapatkan tingkat kepercayaan masyarakat paling tinggi yakni 93%.

Demikian juga hasil lembaga survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) tanggal 27 September 2022 yang merilis, hasil survei dukungan dan kepuasan kinerja TNI terhadap demokrasi, sebesar 93.5 %.

“Berdasarkan torehan dimaksud, saya menghimbau kepada seluruh prajurit dan PNS TNI untuk selalu menjaga kepercayaan masyarakat tersebut, dengan bertindak dan berucap sesuai dengan tugas pokok TNI,” pinta Panglima.

Selain mendapat kado dari rakyat, TNI di Maluku juga memberikan peng­hargaan kepada sejumlah per­sonelnya. Perhargaan yang diberi­kan yakni, Satya Lencana Kesetiaan.

Untuk Satya Lencana Kesetiaan 24 tahun diberikan kepada TNI AD yakni personel Kodam XVI Patti­mura atas nama Kapten Inf Ami­rudin.

Selanjutnya Satya Lencana Kese­tiaan 16 tahun TNI AL diberikan kepada personel Lantamal IX Ambon yakni, Serda Mus Ilham Pribadi serta Satya Lencana Kesetiaan 8 tahun kepada TNI AU khususnya Lanud Pattimura kepada Praka Piter Yanson Koedoebun.

Peringatan HUT TNI selanjutnya ditandai dengan pemotongan tum­peng oleh Gubernur Maluku dan diberikan kepada perwakilan veteran. Kemudian kegiatan ditutup dengan defile dan parade infantri, parade alutsista dan parade laut. (S-10)