AMBON, Siwalimanews –  Momentum perayaan HUT ke-22 pada 15 Mei mendatang, dimanfaatkan Kodam XVI Pattimura untuk berziarahi ke makam para pahlawan.

Namun, ziarah itu bukan hanya pahlawan nasional yang dipilih, namun juga pahlawan rakyat yang memiliki jasa besar, khususnya yang pernah memberikan sumbangsih besar bagi Kodam XVI Pattimura.

Tradisi tahunan yang digelar Kodam XVI Pattimura ini diawali dengan berziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kapaha, pandan Kasturi, Senin (10/5) yang dipimpin Pangdam Mayjen Jeffry A Rahawarin.

Upacara Ziarah berlansung secara khidmat dan sederhana yang diawali dengan penghormatan di TMP oleh pimpinan ziarah, kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan tabur bunga.

Usai melaksanakan ziarah di TMP Kapaha, Pangdam XVI/Pattimura melanjutkan ziarah ke makam Almarhum M Noer Tawainella yang berada di Kampung Kramat, Desa Tulehu, Kab Malteng.

Baca Juga: Nilai Calon KPID, Komisi I Minta Partisipasi Masyarakat

Almarhum M Noer Tawainella merupakan pencetus semboyan Pataka Kodam XVI Pattimura Lawamena Haulala. Pada tahun 1965 Kodam XVI Pattimura yang saat itu masih berbentuk Korem 174 Pattimura belum miliki Pataka, menggelar sayembara guna mencari semboyan Pataka tersebut yang diikuti beberapa lembaga maupun organisasi.

Himpunan Seni Budaya Islam (HSBI) bersama Almarhum M Nour Tawainella berkat penelitian di Negeri Morella berhasil memenangkan sayembara tersebut dengan mengutip teriakan Kapitan Telukabessy yaitu Lawamena Haulala, pada Kapata Perang Kapahaha tahun 1637-1646.

Pada kesempatan itu, Kodam XVI Pattimura juga bersilaturahmi dan memberikan tali asih kepada keluarga almarhum M Noer Tawainella.

“Jangan dilihat dari besar atau kecilnya, namun wujud penghargaan yang tulus terhadap keluarga  almarhum, semoga niat baik ini dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan Kodam XVI Pattimura dengan keluarga almarhum dan jasa-jasa almarhum mendapat pahala di sisi Tuhan Yang Maha Esa,” ujar Pangdam.

Sementara itu, salah satu anak almarhum M Noer Tawainella, Faisal Tawainella mengapresiasi kegiatan ziarah yang dilakukan Kodam XVI Pattimura.

“Saya berterima kasih kepada Bapak Pangdam XVI Pattimura beserta jajaran. Ini pertama kalinya buat kami,” ujarnya.

Hal ini merupakan tradisi baru dalam peringatan HUT Kodam XVI Pattimura yang pertama kali dilakukan Pangdam Mayjen Jeffry A Rahawarin. (S-21)