AMBON, Siwalimanews – Pangdam XVI Pattimura Mayjen Richard Tampubolon bersama Ketua Persit KCK PD XVI Pattimura Ny Selly Richard Tampubolon, meninjau kegiatan serbuan vaksinasi massal di Kabupaten Malra.

Vaksinasi yang dipusatkan di Gedung Serbaguna Larwul Ngabal Pemda Malra, Jumat (11/3) terlaksana atas kolaborasi Kesdam Pattimura, Pemkab Malra melalui Dinas Kesehatan serta puskesmas setempat.

Peninjauan yang dilakukan Pangdam dan rombongan ini, untuk memastikan program vaksinasi bagi masyarakat umum berjalan aman, lancar dan tepat sasaran, serta memastikan masyarakat dapat divaksinasi dengan baik.

Pada kesempatan itu, Pangdam minta masyarakat agar tidak ragu untuk divaksin, karena vaksinasi ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk memutus matai rantai penyebaran Covid-19.

“Vaksinasi ini sebagai upaya memutus penyebaran Covid-19, meciptakan kekebalan terhadap virus dan sekaligus langkah pemulihan ekonomi, karena masyarakat bisa beraktivitas secara normal, tentunya dengan tetap mematuhi prokes,” ujar Pangdam.

Baca Juga: Kunjungi Korem Binaiya, Ini Pesan Pangdam

Pangdam juga beri apresiasi kepada seluruh pihak, yang bahu membahu menyelenggarakan vaksinasi ini dengan berbagai tantangan dan hambatan yang ada di lapangan, seperti kondisi geografis maupun penerimaan atau persepsi masyarakat terhadap vaksin ini.

“Edukasi kepada masyarakat penting untuk dilakukan. Dengan adanya  edukasi kepada masyarakat, diharapkan dapat menyatukan pemahaman,  bahwa vaksin ini penting dan perlu, sehingga lambat laun masyarakat semakin terbuka mau menerima vaksinasi. Kini capaian vaksin di Malra capai 77%, kita berharap akan terus meningkat,” ujar Pangdam.

Pangdam juga menghimbau kepada masyarakat agar mematuhi prokes, yaitu dengan selalu menerapkan 5 M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, manghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas). Upaya tersebut harus dilakukan untuk pencegahan terhadap penyebaran virus corona.

Pada kegiatan vaksinasi kali ini, vaksinator yang dilibatkan 4 tim yang berasal dari tim Kesdam XVI Pattimura, Dinkes Malra, Puskesmas Watdek dan Puskesmas Rumat dengan menyediakan vaksin  jenis Sinovac, Pfizer dan Astrazeneca.

Untuk diketahui total hari pertama gelaran serbuan vaksinasi itu, sebanyak 562 warga Malra mendapatkan vaksinasi, baik dosis pertama, kedua maupun booster. Angka ini sudah melebihi target awal sebesar 500 orang. (S-10)