AMBON, Siwalimanews –  Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Jeffry A Rahawarin menyerahkan 20 unit handtraktor atau traktor tangan bantuan presiden kepada kelompok tani di Maluku.

Penyerahan bantuan ini secara simbolis ini dilakukan di Mako­dam XVI/Pattimura, Jumat (23/4).

Pangdam dalam sambutannya mengatakan, penyerahan bantuan handtraktor ini adalah bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat petani.

“Dengan meningkatkan sarana, mekanisasi pertanian dapat membantu petani mempercepat pengolahan lahan,” ujar Rahawarin.

Presiden ini, kata Rahawarin, diberikan melalui Kodam XVI/Pattimura dalam pemberdayaan wilayah pertahanan, melalui ketahanan pangan, yang merupakan upaya peningkatan produktifitas dan peran pendampingan petani oleh Babinsa di lapangan.

Baca Juga: Polisi Intens Buru Penembak Warga Siri Sori Amalatu

Bantuan ini sendiri katanya nanti akan distribusikan kepada sentra pertanian di wilayah Maluku, meliputi Kota Tual dan Kabupaten Dobo masing-masing 5 unit, Ambon 5 unit dan 10 unit di wilayah Pulau Seram dan sekitarnya.

“Kami sangat berterima kasih sekali terhadap atensi dan perhatian bapak Presiden atas bantuan yang diberikan kepada petani, berupa bantuan mekanisasi pertanian dengan wujud handtractor,” ujarnya.

Pangdam berharap, hal ini dapat memberikan stimulus, peningkatan hasil pertanian dengan mempercepat pekerjaan olah tanah, maka hasil pertanian dan ketersediaan pangan semakin meningkat.

“Bantuan dari Presiden ini dapat terealisasikan, berkat kerja sama dengan tokoh masyarakat yakni bapak Hengky Sirait sebagai penggagas,” tandasnya.

Pangdam juga mengharapkan agar, bantuan ini mampu mewujudkan swasembada pangan, terutama komoditas tanaman holtikultura atau sayuran dan buah-buahan yang selama ini di pasok dari luar daerah Maluku. (S-21)