AMBON, Siwalimanews – Tongkat Komando Pangdam XVI/Pattimura resmi beralih dari pejabat lama Mayjen TNI Jeffry Apolly Rahawarin kepada pejabat baru Mayjen TNI Bambang Ismawan.

Penyerahan tongkat komando ditandai lewat upacara serah terima jabatan Panglima Kodam XVI/ Pattimura yang digelar di Mabesad, Jumat (20/08) dan dipimpin Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Andika Perkasa.

Mayjen TNI Bambang Ismawan kelahiran Klaten Jawa Tengah 55 tahun yang lalu itu, sebelum di­mutasi jadi Pangdam XVI/Patti­mura, ia menjabat Asintel Kasad, sejak 25 Mei 2021.

Ismawan adalah lulusan aka­demi militer tahun 1988 dan se­panjang kariernya berpengalaman  sebagai pasukan khusus baret merah.  Selain sertijab di Mabesad, sertijab juga akan digelar di Makodam hari ini, Senin (23/8).

Kapendam XVI/Pattimura, Letkol Arh Adi Prayogo dalam rilisnya ke­pada Siwalima Sabtu (21/8) me­nga­ku nantinya aka dilakukan apel ber­sama dan acara tradisi satuan di Ma­ko­dam. “Sertijab sudah di­laksa­na­kan di Mabesad, rencananya Senin 23 Agustus nanti, akan dilak­sanakan Apel Bersama dan acara tradisi satuan di Makodam.” ujar Prayogo.

Baca Juga: Warga Waiheru Ditemukan Tewas di Bawah JMP

Sebelumnya diberitakan, Mayjen Jeffry Apoly Rahawarin resmi dipromosikan menjadi jenderal bintang tiga. Oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Jeffry yang baru enam bulan menjadi Pa­ngdam di kampung halamannya, ditunjuk dalam jabatan baru se­bagai Pangkogabwilhan III yang berkedudukan di Biak, Papua.

Kenaikan pangkat Jeffry itu tertuang dalam Skep Panglima TNI Nomor 694/VIII/2021, tanggal 2 Agustus 2021, tentang pember­hen­tian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Ten­tara Nasional Indonesia yang diteken langsung Hadi Tjahjanto.

Tercatat ada 60 Perwira tinggi yang di­mutasi itu terdiri dari 31 Pati TNI AD, 13 Pati TNI AL, dan 16 Pati TNI AU. Jeffry menggantikan seniornya Letjen Agus Rokhman, yang di­geser ke Mabes TNI dalam ra­ngka persiapan pensiun. Sebe­lumnya, Jeffry juga menggantikan Agus di Pangdam Pattimura.

Posisi Pangdam Pattimura selanjutnya akan diisi oleh Mayjen Bambang Ismawan yang saat ini masih menjabat Asintel KSAD.

Jabatan yang ditinggal Bam­bang, akan diisi oleh Mayjen Suko Pranoto, yang kini masih menjabat sebagai  Wairjenad. Suko sendiri pernah bertugas di Ambon sebagai Pangdam Pattimura.

Jeffy tercacat sebagai putera Ma­luku ketiga di tubuh TNI yang ber­pangkat jederal bintang tiga. Jauh sebelumnya ada nama Letjen Leo Lopulissa yang saat itu men­jabat Panglima Komando Wilayah Perta­hanan (Pangkowilhan) III di Makas­sar dan Letjen Suaedy Marasa­bessy sebagai Kepala Staf Umum TNI.

Satu lagi anak Maluku yang pu­nya karir cemerlang di TNI adalah George Toisuta. Jenderal empat bintang itu terakhir memegang jabatan Kepala Staf TNI AD (KSAD), sejak 29 November 2009 hingga 30 Juni 2011, pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. (S-32)