AMBON, Siwalimanes Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq mengatakan, workshop menulis penerangan merupakan media yang sangat penting untuk menumbuhkan budaya menulis bagi insan penerangan, guna menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk tulisan yang memuat event dan kegiatan di lingkungan TNI Angkatan Darat guna mendukung tugas pokok.

Hal ini diungkapkan Pangdam XVI/Pattimura dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kepala Staf Kodam XVI/Pattimura Birgjen TNI Asep Setia Gunawan pada acara Workshop Menulis Penerangan TNI AD tahun 2019 di wilayah Kodam XVI/Pattimura, yang dipu­satkan di Aula Slamet Riyadi, Ma­korem 151/Binaiya dalam berlang­sung selama dua hari Kamis (5/9) dan Jumat (6/9).

Senada dengan itu, Kadispenad  Brigadir Jenderal TNI Candra Wijaya dalam amanat yang dibacakan oleh Kasubdislisstra Dispenad Letkol Kav Guruh Prabowo Wirajati me­nga­takan, workshop menulis pene­ra­ngan yang  dilaksanakan saat ini merupakan, salah satu upaya Dis­penad untuk menumbuhkan budaya menulis dan kemampuan untuk menuangkan gagasan atau informasi dalam bentuk tulisan atau  multimedia, yang dapat digunakan sebagai bahan publikasi di media atau bagian dari tulisan akademis.

Kasdispenad menjelaskan, workshop menulis penerangan TNI AD ini dilaksanakan secara terpusat dan tersebar.

“Kegiatan workshop secara ter­pusat sudah dilaksanakan pada bulan April 2018 yang lalu dan di­ikuti oleh para perwira satuan pe­nerangan dari Kotama-kotama yang ada di Jawa,” ujarnya sebagaimana rilis yang disampaikan Pendam XVI/Pattimura kepada Siwalima, Jumat (6/9).

Baca Juga: BMKG : Gelombang Tinggi Capai 2 Meter

Sebagai kelanjutan dari program tersebut, lanjutnya, dilaksanakan juga kegiatan workshop secara ter­sebar untuk satuan-satuan pene­rangan yang ada di Kotama-kotama luar daerah seperti, di daerah Suma­tera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Ada­pun materi yang diberikan meru­pakan substansi dari kegiatan workshop terpusat yang telah dilak­sanakan di Mabesad.

“Saya berharap, seluruh peserta dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan baik untuk menggali penge­tahuan dan pengalaman dari pema­teri, juga dari peserta lain, sehingga setelah kembali nantinya penge­tahuan yang diterima dapat diimple­mentasikan di satuan,” harapnya sembari menambahkan, para peserta juga bisa manfaatkan kegiatan ini sebagai sarana untuk menjalin komunikasi guna membentuk suatu komunitas jurnalis TNI AD  yang dapat saling berbagi dan berkontri­busi positif dalam membentuk citra positif TNI AD.

Untuk diketahui, turut hadir pada kegiatan tersebut,    Irdam, Danrem 151/Binaiya, Kapok Sahli Pangdam, Danrindam, Para Perwira Ahli, Perwira LO AL dan AU, Para Asisten dan Kabalak serta Komandan Satuan jajaran Kodam XVI/Patti­mura. (S-19)