AMBON, Siwalimanews – Pangdam XVI/Pattimura May­jen TNI Jeffry Apoly Rahawarin dengan didam­pingi Ibu Ketua Persit KCK PD XVI/Pattimura Ny. Arni Sukarni Rahawarin melaksanakan kun­jungan kerja perdana ke Maluku Tenggara.

Dalam tatap muka dengan Forkopimda, tokoh agama, tokoh adat Kota Tual di aula Balai Kota Tual, pangdam me­ngajak seluruh masyarakat untuk bergandengan tangan dalam satu ikatan yang kuat, dan jangan jadikan perbedaan sebagai sumber perpecahan tetapi harus menjadi kekuatan untuk saling melengkapi kekurangan dan kelebihan.

“Perbedaan-perbedaan jangan dijadikan sumber perpecahan, tetapi perbedaan harus menjadi kekuatan untuk saling melengkapi kekurangan dan kelebihan satu dengan yang lain”, tutur Pangdam

Menurutnya, Kepulauan Kei memiliki sejarah penting dalam perjuangan bangsa Indonesia, para pendahulu dari berbagai elemen bersatu untuk merebut kemerdekaan.

“Untuk itu, mari kita semua bersama-sama bekerja bergandengan tangan dalam satu ikatan yang kuat seperti dalam bahasa Kei “Ain ni Ain” (semua untuk satu saling menolong, saling mendukung, saling membutuhkan),” pinta Pangdam

Baca Juga: Delapan UPI Jadi Sasaran Pengawasan PSDKP

Pada kesempatan yang sama, Walikota Kota Tual dalam amanat yang dibacakan oleh Wakil Walikota Tual menyampaikan, atas nama pemda Kota Tual dan masyarakat Evav mengucapkan selamat datang kepada Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin dan rombongan di tanah Evav lebih khusus di kota Tual.

Dikatakan, stabilitas keamanan sangat penting untuk perlindungan dan pertahanan, secara geografis Kota Tual berada pada area zona kawasan kebebasan yang menyimpan potensi sumber alam dan kekayaan budaya Indonesia yang bisa sewaktu-waktu diganggu oleh negara tetangga atau negara lain. Oleh karena itu pemerintah Kota Tual mendukung terhadap master plan pertahanan keamanan dan penyediaan lahan untuk pembangunan Kodim Kota Tual, dan kiranya pembangunan Kodim tersebut dapat selesai sesuai rencana.

Untuk diketahui, pangdam bersama rombongan menggunakan pesawat komersil, Tiba di Bandar Udara Karel Sadsuitubun Langgur, Desa Ibra, Kabupaten  Maluku Tenggara disambut oleh Bupati Maluku Tenggara (Malra) Muhamad Thaher Hanubun, Wakil Walikota Tual Usman Tamnge dan Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Arnold  P. Ritiauw serta Forkopimda Kota Tual.

Dilanjutkan dengan prosesi adat Kei Rinin (upacara pembersihan atau penyucian), pemasangan gelang adat dan pemberian kain tenun.

Malamnya, Pangdam beserta istri berkesempatan menghadiri kegiatan tatap muka dengan forkopimda, tokoh agama, tokoh adat Kota Tual di aula Balai Kota Tual, Rabu (17) malam.

Acara diakhiri dengan pemberian cinderamata kepada Pangdam XVI/Pattimura dan Istri oleh Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge. (S-19)