AMBON, Siwalimanews –  Pangdam Pattimura Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin mengumpulkan para pejabat utama Kodam, Danrem Binaiya, Dandim Ambon dan Dandim Tual di Makodam, Senin (12/7).

Tujuan dikumpulkannya para pejabat Kodam ini,  untuk  mendapatkan perintah dan petunjuk pengetatan pelaksanaan PPKM mikro, khususnya di Kota Ambon dan Kabupaten Aru oleh Pangdam.

Selain dua wilayah Kodim tersebut, Pangdam juga memerintahkan Dandim Ternate dan Tobelo di Maluku Utara untuk berkoordinasi dengan pemda setempat memberlakukan kondisi PPKM pengetatan di Kota Ternate dan Halmahera Utara yang dinilai penyebaran Covidnya naik cukup signifikan.

“Semuanya ini dilakukan dalam rangka antisipasi lebih awal. Anggota di lapangan, para Dandim, Danramil dan Babinsa khususnya di empat Kodim tersebut agar membantu pelaksanaan PPKM Pengetatan di  wilayahnya. Sedangkan 17 kabupaten/kota lainnya di wilayah Maluku dan Maluku Utara juga tetap melaksanakan PPKM skala Mikro,” tandas Pangdam.

Pada kesempatan itu, Asops Kasdam Pattimura Kolonel Inf Arief Hidayat memaparkan konsep operasi pelaksanaan PPKM pengetatan yang akan  diberlakukan di empat wilayah Kodim di jajaran Kodam Pattimura.

Baca Juga: Lantamal IX Peduli Korban Banjir di Halong

“Dengan adanya pemaparan perintah operasi tersebut diharapkan setiap anggota di lapangan mengetahui tugasnya dengan jelas. Harus jelas siapa dan berbuat apa, bagi anggota di lapangan,” ucap Pangdam.

Pangdam juga mendorong kabupaten/kota lainnya di wilayah Maluku dan Maluku Utara untuk dapat mengeluarkan instruksi seperti Instruksi Walikota Ambon No 3 Tahun 2021 tentang pemberlakuan PPKM, sehingga ada kesamaan dalam mengambil tindakan bagi petugas di lapangan, sekaligus ketaatan masyarakat dalam mematuhi ketentuan PPKM di wilayahnya.

“Besar harapan saya, TNI, Polri, Pemda, dan tokoh agama, tokoh masyarakat bersinergi di lapangan, dengan demikian  mudah-mudahan seluruh wilayah Maluku dan Maluku Utara dapat kembali memasuki zona hijau,” harap Pangdam.

Pada kesempatan itu, Pangdam juga memberikan informasi, bahwa Kodam Pattimura pada 16 dan 17 Juli akan kembali menggelar serbuan vaksinasi massal. Dalam kegiatan terebut Kodam Pattimura bekerja sama dengan pihak Artha Graha.

“Mari bagi masyarakat yang belum melaksanakan vaksin agar datang segera di Makodam Pattimura pada tanggal 16 Juli 2021 dan di Lapangan Merdeka pada tanggal 17 Juli,” ajak Pangdam. (S-45)