AMBON, Siwalimanews – Pangam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq mengatakan, dalam menghadapi perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dinamika kehidupan yang semakin kompleks pada saat ini, dunia intelijen diharapkan mampu terus bergerak dan berubah dengan cepat.

“Intelejen selalu peka mengikuti setiap pergeseran pola interaksi sekecil apapun dan sigap menjawab tuntutan tugas dengan aktif mengembangkan potensi serta kualitas diri,” jelas Pangdam dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Setia Gunawan dalam pembukaan Mobile Training Team (MTT) Pengetahuan Dasar Intel bagi Baintel dan Babinsa Kodam XVI/Pattimura TA 2019., sebagaimana rilis yang disampaikan Pendam XVI/Pattimura kepada Siwalima, Rabu (11/9).

Menurut Pangdam, kegiatan MTT ini merupakan momen yang tepat guna meningkatkan profesionalitas aparat intelijen, dan sekaligus untuk membekali para Babinsa dalam menghadapi situasi dan perkembangan tugas ke depan.

Secara garis besar, lanjutnya, MTT Intel ini bertujuan memberikan dan memelihara pengetahuan serta keterampilan dasar intelijen bagi Baintel dan Babinsa Kodam XVI/Pattimura.

Meningkatkan kemampuan dalam melakukan pengumpulan data melalui berbagai macam sumber. Membentuk aparat intelijen dan Babinsa yang mampu mencermati setiap perkembangan situasi di wilayah masing-masing sehingga dapat menyajikan informasi yang akurat kepada pimpinan guna pengambilan tindakan atau keputusan yang tepat.

Baca Juga: Tingkatkan Profesionalitas Intelijen, Kodam Pattimura Gelar MTT

Pangdam menambahkan, , aparat intelijen dan Babinsa yang ada di wilayah Kodam XVI/Pattimura agar dapat berbagi informasi, pengalaman, saling mengenal dan berkoordinasi guna mendorong pengembangan profesionalisme dalam menghadapi tuntutan tugas di masa mendatang. (S-19)