AMBON, Siwalimanews – Setelah sempat vakum selama kurang lebih 15 tahun, kepengurusan Persatuan Purnawirawan Polri Daerah Maluku kembali diaktifkan.

Pengatifkan oraganisasi ini diinisiasi oleh Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif, yang selanjutnya dilakukan Musda II yang dibuka oleh Kabid Organisasi Purnawirawan Polri Irjen (Purn) Suedi Husen di Rupattama Mapolda Maluku, Rabu (15/2).

Kapolda dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada para purnawirawan dan senior pendahulu Polri, karena, meski telah purna tugas, namun masih terus semangat dalam mendukung tugas – tugas melalui Persatuan Purnawirawan Polri Daerah Maluku.

PP Polri merupakan organisasi kemasyarakatan yang cukup kuat, karena didukung SDM yang memiliki pengalaman dalam birokrasi, memiliki kemampuan dan pemikiran komprehensif, serta dapat mengikuti perkembangan yang bersifat strategis dalam lingkungan nasional, regional dan internasional.

PP Polri juga  telah mampu menunjukan karyanya di masyarakat dan di pemerintahan dalam pembangunan nasional dan keutuhan NKRI.

Baca Juga: Fraksi Berkarya Desak Pemkab Aktifkan Kembali Tenaga Honorer

“Sebagaimana diketahui kepengurusan PP Polri Daerah Maluku yang telah vakum selama 15 tahun sejak tahun 2008 dibawah kepengurusan AKBP (Purn) Yonas de Fretes sehingga menjadi atensi serius dan perhatian saya dan saat ini bisa terwujud kembali dan dilaksanakan musda,” ungkap kapolda.

Kapolda berharap, purnawirawan sebagai masyarakat umum, bisa menjadi contoh teladan untuk menjamin dan mewujudkan keamanan di Maluku tercinta. Hal ini sejalan dengan program Presisi Kapolri dan program Kapolda Maluku yaitu Basudara Manise. Program ini bertujuan untuk mewujudkan masyarakat Maluku yang aman, damai dan sejahtera.

“Kehadiran Polri harus dapat menjadi organisasi yang sangat dibutuhkan di tengah- tengah masyarakat, sebagai problem solver, serta menjadi tempat pertama bahkan utama bagi masyarakat luas untuk berkonsultasi terhadap berbagai permasalahan sosial yang berkembang, saya berharap PP Polri secara continue senantiasa memberikan masukan yang membawa kemajuan  bagi organisasi Polri,” harap kapolda.

Sementara itu, Kabid Organisasi Purnawirawan Polri Irjen (purn) Suedi Husein, menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Maluku selaku pembina PP Polri Daerah Maluku beserta seluruh keluarga besar PP Daerah Maluku.

Pasalnya, sejak dideklarasikannya organisas PP Polri pada 30 Juni 1999, sampai saat ini kekuatan struktur 34 pengurus daerah, 375 pengurus cabang dan 1.566 pengurus ranting serta 41 paguyuban keluarga besar purnawirawan Polri.

“Sekali Bhayangkara tetap Bhayangkara, sekali berjuang tetap berjuang, tekad dan semangat juang diatas sudah tertuang dalam perumusan dalam Tri Dharma PP Polri,” ujarnya.

Tri Dharma PP Polri merupakan pedoman pengabdian bagi seluruh anggota keluarga besar PP Polri yang bersatu teguh untuk bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, merperkokoh semangat kebersamaan untuk kesejahteraan, tetap setia kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Agenda pokok penyelenggaraan Musda II yang dilaksanakan ini diantaranya Pemilihan Ketua PP Polri Daerah Maluku periode 2023 – 2028, maka direkomendasikan untuk pertama ikut aktif mendukung serta mensuksekan jalannya Musda PP Polri Daerah Maluku yang saat ini sedang digelar.

“Saya berharap Musda II ini dapat melahirkan ketua dan pengurus yang memiliki komitmen kuat untuk membangun dan memberdayakan organisasi sebagaimana yang diharapkan oleh seluruh anggota keluarga besar PP Polri di Maluku,” harapnya.(S-10)