AMBON, Siwalimanews – Pada pelaksanaan Operasi Patuh Siwalima tahun ini, Ditlantas Polda Maluku lebih mengendepankan tindakan persuasif dan humanis. Bahkan tidak melakukan penindakan berupa sanksi tilang kepada para pelangar lalulintas.

Di hari ketiga operasi ini, pihak Ditlantas Polda Maluku memusatkan operasi di ruas jalan Anthoni Reebok dan AM Sangadji, Kota Ambon. Dalam pelaksaan operasi terpusat ini, pihak Ditlantas lebih memberikan himbauan kepada pengguna lalulintas terkait keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalulintas (kamseltibcarlantas).

“Pada operasi patuh tahun ini cara bertindak personel di lapangan lebih mengedepankan tindakan persuasif, edukatif serta humanis dan tidak melaksanakan penindakan terhadap pelanggar lalulintas,” ucap Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Roem Ohoirat kepada wartawan di Mapolda Maluku, Rabu (22/9).

Tindakan persuasif dan humanis, lebih dikedepankan merujuk pada telegram Kakorlantas Polri tentang cara bertindak dalam pelaksanaan Operasi Patuh Lalulintas.

Baca Juga: Kodam Pattimura Terima Sosialisasi Program Kermamil TNI AD

“Jadi Ops Patuh secara serentak tahun ini sesuai telegram Kakorlantas Polri, meniadakan penindakan terhadap pelanggar lalulintas, namun diganti dengan tindakan persuasif serta humanis,” tandasnya.

Selain memberikan himbauan secara langsung, personel Ditlantas Polda Maluku ini juga menyampaikan sosialiasi melalui spanduk dan pamflet, serta melakukan pengaturan arus lalulintas.

Personel juga melaksanakan kegiatan sosial disela operasi, berupa pembagian beras kepada tukang ojek dan tukang becak yang melintas di kawasan tersebut.  (S-45)