Ombusdman Ingatkan Gubernur Jangan Keluar Daerah

Pelayanan Publik Masih tak Baik

AMBON, Siwalimanews – Ombudsman Perwakilan Maluku memperingatkan Gubernur Murad Ismail agar jangan sering keluar daerah sehingga jarang berada di kantor.

Kepala Perwakilan Ombusdman Maluku Hasan Slamat menegaskan, lantaran gubernur jarang berada di kantor, maka pihaknya akan melayangkan teguran. Pasalnya, banyak laporan dari masyarakat tentang pelayanan publik di hampir seluruh kabupaten/kota masih kurang baik.

”Kami sebagai lembaga pengawas datang hari ini untuk pastikan gubernur itu ada atau tidak dan ternyata hari ini beliau tidak ada,” ujar Slamat kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Selasa (12/11).

Menurutnya, dari hasil koordinasi dengan pihak pemda, saat ini gubernur sementera melakukan koordinasi dengan pihak Kementerian Perhubungan untuk menindaklanjuti hasil pertemuan dengan presiden di Hotel Santika beberapa waktu lalu.

”Saya pikir pertemuan dengan pihak Kemenhub itu juga penting, tetapi kalau sudah tidak ada lagi kegiatan di Jakarta silahkan kembali ke tempat untuk memastikan pelayanan publik di kabupaten/kota yang masih kurang bagus dapat berjalan dengan baik,” cetusnya.

Menurutnya, apa pun yang terjadi di Maluku, pelayanan publik harus berjalan, sehingga gubernur harus selalu berada kantornya. Bahkan dua kali disurati untuk melakukan audien dengan Ombudsman, gubernur juga tidak memiliki waktu.

”Beliau selalu mengarahkan ke wakil gubernur, padahal ada hal yang perlu dikoordinasikan secara bersama terutama melihat pelayanan publik yang masih kurang bagus ini dengan baik agar apa yang kurang dapat dibenahi,” ujarnya.

Slamat mengaku, pihaknya akan melaporkan hal ini ke Ombudsman pusat untuk nantinya akan ditindaklanjuti.

Pelayanan publik di Maluku bisa berada di sona Hijau atau baik, namun dengan kondisi seperti ini dirinya yakin Maluku tak mungkin masuk zona hijau, tetapi bisa saja balik ke zona merah.

”Kita pasti akan surati Ombusdman pusat terkait hal ini, karena gubernur jarang berada di kantor,” janjinya. (S-39)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *