AMBON, Siwalimanews – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Kementerian Pendidikan Kebudayaan Ristek serta Kementerian Agama dan industri perbankan terus mendorong program peningkatan literasi dan inklusi keuangan bagi kelompok pelajar melalui program satu rekening satu pelajar (KEJAR).

Pada Agustus ini, program KEJAR dikemas dalam satu rangkaian kegiatan KEJAR Prestasi Anak Indonesia atau disingkat KREASI yang acara puncaknya digelar secara virtual pada Selasa, 24/8) dan diikuti 1.000 pelajar dari sejumlah sekolah yang berada di beberapa daerah.

Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara mengatakan, penyediaan akses keuangan untuk masyarakat termasuk untuk pelajar merupakan tanggung jawab semua pihak, karena inklusi keuangan merupakan bagian penting dalam upaya pemulihan ekonomi dan pemerataan pendapatan.

“Tema perluasan akses keuangan untuk pelajar, yang dibarengi dengan upaya literasi keuangan dan perlindungan konsumen, sangatlah strategis. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk mencapai tingkat inklusi keuangan sebesar 90% pada tahun 2024,” ucap Tirta dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Selasa (24/8).

Sementara itu, Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani menambahkan, peningkatan literasi dan inklusi keuangan sangat dibutuhkan, mengingat peserta didik yang jumlahnya besar, dan cakupan wilayah yang sangat luas.

Baca Juga: KONI Maluku Naikan Honor Atlet

“Melalui program KEJAR ini kami berharap kekuatan literasi finansial di setiap insan pembelajar menjadi lebih kokoh dan memiliki pengalaman langsung dalam pengelolaan keuangan yang terhubung dengan lembaga jasa keuangan,” ucap Ramdhani.

Sementara itu, Dirjen PAUD Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbud Ristek Jumeri menambahkan, sistem pendidikan Indonesia saat ini diarahkan juga untuk peningkatan literasi keuangan, yang mencakup pengertian transaksi ekonomi, pengenalan konsep belanja sebagai pemenuhan kebutuhan dasar, pengenalan konsep berbagi, pengenalan konsep menyimpan; baik tradisional maupun modern, contohnya melalui menabung dan berinvestasi.

Kegiatan KREASI yang berlangsung selama Agustus 2021 di seluruh wilayah Indonesia dengan tema ”Satu Rekening Satu Pelajar, Wujudkan Impian Anak Indonesia” dilakukan dalam berbagai bentuk pembukaan rekening, edukasi keuangan dan sosialisasi program KEJAR sebanyak 504 kegiatan, webinar dan perlombaan bagi pelajar. (S-51)