AMBON, Siwalimanews – Dipastikan pada 3 September mendatang, Otoritas Jasa Ke­uangan Perwakilan Provinsi Ma­luku akan menggelar lomba cer­das cermat khusus menyangkut dengan simpanan pelajar (SimPel).

Kepala OJK Provinsi Maluku, Bambang Hermanto menjelas­kan, lomba cerdas cermat ini juga diselenggarakan dalam rangka menyongsong HUT Kota Ambon ke-444 pada 7 September mendatang.

“Lomba cerdas cermat SimPel ini juga dilaksanakan bertujuan untuk  meningkatkan sifat mena­bung bagi pelajar sejak usia di­ni,” ujar Hermanto kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (27/8).

Dijelaskan, lomba cerdas cer­mat ini direncanakan akan diber­langsung tiga sesi, dimana sesi pertama dan kedua akan dilak­sanakan pada 3 September di aula Kantor BRI Cabang Ambon. Sedangkan finalnya akan dilak­sanakan pada 4 September yang dipusatkan di aula Kantor Bank Maluku dan Maluku Utara.

Lomba cerdas cermat SimPel ini, merupakan tindak lanjut yang dilakukan OJK Maluku bersama dengan pihak perbankan pelak­sana SimPel berdasarkan surat edaran Walikota Ambon tertanggal 30 April 2019 tentang Gerakan Pelajar Menabung.

“Dalam surat edaran itu, pak walikota sudah sampaikan kepada seluruh jajaran, termasuk Dinas Pendidikan dan sekolah-sekolah mulai dari jenjang SD-SMP untuk mendorong seluruh siswa untuk miliki rekening SimPel,” jelasnya.

Menurutnya, sesuai hasil rapat bersama walikota, maka kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian HUT Kota Ambon dan secara langsung hadiah bagi para peme­nangnya akan diberikan di puncak perayaan HUT Kota ke-444 pada 7 September mendatang.

“Kegiatan ini bukan hanya diper­untukan bagi para pelajar, tapi juga untuk berikan pengetahuan tentang OJK dan industri jasa keuangan lainnya. Jadi bisa dibilang kegiatan cerdas cermat ini merupakan kegia­tan cerdas cermat keuangan,” ce­tusnya.

Ditambahkan, lomba cerdas cer­mat ini diperuntukan bagi seluruh sekolah di kota ini mulai dari jenjang SD sampai dengan SMP.

“Kita sudah deteksi ada 58 seko­lah dan undangannya sudah dikirim. Pendaftaran lomba ini akan ditutup pada Jumat (30/8). Peserta tidak dibatasi, jadi bagi para siswa -siswi yang ingin ikut, segera daftarkan diri,” ajaknya. (S-49)