AMBON, Siwalimanews – Anggota DPD Dapil Maluku, Novita Anakota mengakui peng­awasan terhadap penggunaan dana bantuan Pemulihan Eko­-nomi Nasional (PEN) di Maluku sudah berjalan baik khususnya untuk usaha ultra mikro.

Anggaran PEN untuk UMKM sebesar Rp32,5 triliun ini telah dikucurkan oleh pemerintah pusat melalui bank-bank perkreditan termasuk bank-bank pembangunan daerah dan bank nasional.

“Penyaluran dana PEN bagi UMKM di Maluku sudah berjalan baik,” kata Anakotta kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Selasa (20/10).

Dijelaskan, dana ini sendiri yang dikucurkan melalui perbankan memang harus dikembalikan dalam waktu 3 bulan kedepan. “Memang anggaran PEN yang disiapkan pemerintah untuk pelaku usaha untuk pemulihan ekonomi tetapi dananya harus dapat dikembalikan,” jelas Novita.

Novita menjelaskan untuk pelaku usaha di maluku memang sudah di cairkan oleh sejumlah bank. “Tadi sudah di cairkan dana sekitar 1 miliar untuk usaha ultra mikro seperti penjual kue dan ada bantuan terhadap pengusaha yakni usaha kecil juga dapat ban-tuan cukup maksimal untuk pelaku usaha menggunakan dana afir-masi,” tandasnya singkat. (S-39)