AMBON,Siwalimanews – Ibadah Perayaan Keluarga Besar SMP Kartika XIII-I Ambon berlangsung dengan penuh kekeluargaan dan suka cita.

Ibadah Natal yang dipusatkan di aula persekolahan tersebut Sabtu (18/12) mengusung tema Merayakan Natal dengan Rendah Hati dan Setia.

Ibadah Natal yang dilaksanakan secara sederhana ini dipimpin oleh Pendeta Sandra Kainama, dihadiri Kepsek SMP Kartika XIII-1 Ambon, Kepala Tata Usaha dan para guru dan siswa.

Suasana kekeluargaan itu terlihat lewat berbagai acara yang diisi dengan paduan suara serta pembacaan pusi dari para siswa dan guru dan yang paling berkenan dihati yakni dilakukan pertukaran kado Natal dari para guru maupun siswa.

Pendeta Sandra Kainama dalam refleksi Natalnya menyampaikan, perayan Natal tahun ini lebih meriah dibandingkan tahun kemarin.

Baca Juga: Kepemimpinan Murad-Orno Disebut Sejarah Terburuk di Maluku

“Namun, tentunya harus dimaknai secara bersama bahwa Yesus datang untuk menghadirkan damai sejahtera bagi kita semua,” ucap Pendeta Kainama dalam khotbahnya.

Ia mengaku, dalam menghadirkan damai sejahtra terkadang tidak bisa diaktulisasikan dalam hidup sehari-hari, namun tentunya harus mencari Tuhan dalam doa dan pergumulan, agar damai bisa tetap ada dalam hati.

“Orang yang mencari Tuhan akan tetap di tolong. Begitu juga Tuhan akan menolong SMP Kartika XIII-1 Ambon untuk ada dalam perayaan dan Natal memasuki Tahun Baru dengan sukacita,” tuturnya.

Sementara itu Kepsek SMP Kartika XIII-I Ny S Rumalean dalam kesan dan pesan Natalnya mengatakan, umat manusia diajak untuk tetap membenahi hidup untuk menghadirkan damai sejahtera.

“Damai itu akan mendatangkan sukacita, kegembiraan dalam hubungan dengan diri sendiri maupun dengan orang lain,” ucapnya.

“Hati, pikiran, dan tingkah laku kita akan mengalir dan memancar sukacita dan kegembiraan, sehingga dapat menularkan kepada orang lain,” tambahnya. (S-51)