AMBON, Siwalimanews – Naiknya harga satuan dari 10 komoditas seperti nasi dengan lauk, minyak goreng, telur ayam ras dan wortel sebagai pemicu naiknya inflasi di Kota Ambon.

Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku mencatat, inlfasi Kota Ambon naik 0,34 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) 110,16.

Kordinator Fungsi Statistik distri­busi BPS Provinsi Maluku Jessica Pupela mengatakan, selain Kota Ambon, Kota Tual juga mengalami Inflasi 0,20 persen. “Untuk inflasi bulanan dan tahun kalender, Kota Ambon berada pada posisi ke-78, inflasi tahun ke tahun pada ranking ke-3 dan inflasi bulanan dan inflasi tahun kalender Kota Tual berada pada posisi ke-83,” jelas Pupela dalam rilisnya kepada Siwalima, Kamis (3/2).

Sementara 10 komoditas yang mengalami kenaikan harga pada Januari 2022 dan memberikan andil terbesar terhadap inflasi Kota Tual yakni, ikan kembung, ikan baronang, bahan bakar rumah tangga, tukang bukan mandor, telur ayam ras, embal gepe, biaya pulsa ponsel, daun singkong, daging ayam ras, dan talas keladi. (S-21)