AMBON, Siwalimanews – Kodam XVI/Pattimura lewat program mutiara pattimura sukses pengembangkan budidaya rumput laut di wilayah Koramil 1507-01/Larat dan Koramil 1507-02/ Selaru.

Kegiatan ini merupakan program unggulan yang dicetuskan Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon yang menjangkau masyarakat dengan  program multi sektoral demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat terus bergulir secara berkesinambungan.

Kodam XVI Pattimura tidak sendiri untuk mengembangkan potensi yang ada di kepulauan tanimba tetapi bekerja sama dengan civitas akademika unpatti dan PT Samudera Indo Sejahtera (SIS) Tual dalam penebaran puluhan ribuan benih ikan di Keramba Jaring Apung.

Selain itu juga Kodim 1507/ Saumlaki turut berpartisipasi menyukseskan program program kesehatan dengan motor ambulance yang terus berjalan, kini masyarakat pesisir Desa Ridol, Kecamatan Larat, Saumlaki membudidayakan rumput laut.

Penamanan rumput laut yang dilaksanakan pada Rabu (6/7) dengan membentangkan tali sepanjang 200m x 20m sebagai media penanaman rumput laut, sebagai upaya mengembangkan penanaman sebelumnya yang hasilnya telah dipanen.

Baca Juga: Ronald: Ambon Baik Dalam Implementasi SP4N LAPOR

Dandim 1507/Saumlaki mengatakan pembudidayaan rumput laut ini bertujuan meningkatkan ekonomi masyarakat nelayan dalam upaya memperoleh penghasilan tambahan.

“Potensi kekayaan rumput laut di wilayah Kodim 1507/ Saumlaki  sangat bagus apabila dikelola secara lebih baik, sehingga masyarakat tidak hanya menda­patkan penghasilan dari penang­kapan hasil laut saja, terang  Letkol Inf Didi dalam rilis yang diterima Siwalima, Kamis (7/7).

Dia mengaku pengembangan program ini Kodim hadir, melakukan pendampingan, mendorong semangat nelayan untuk  mengembangkan budidaya rumput laut ini.

Di tempat yang terpisah, Pangdam sangat mengapresiasi semangat dan upaya yang dilakukan oleh Kodim 1507/Saumlaki yang berada dibawah Korem 151/Binaiya, bersama masyarakat melalui mutiara pattimura, Kodam XVI/ Pattimura melihat potensi yang ada di wilayah Kodim 1507/Saumlaki dan belum dikelola dengan maksimal.

Oleh karena itu, mutiara pattimura hadir memberi solusi bagi masyarakat dalam memberdayakan potensi yang ada, hal ini sesuai dengan perintah harian Kasad agar senantiasa hadir dan menjadi solusi bagi masyarakat.

“Rumput laut ini nantinya akan dipanen setiap secara periodik, dengan hasil panen diperkirakan minimal sebanyak 60 kg rumput laut basah, setiap kali panen. Dengan hasil tersebut diharapkan kesejahteraan masyarakat semakin meningkat,” tandas pandam. (S-25)