AMBON, Siwalimanews – Kendatipun Pemilihan Gubernur dan Wakil Gu­bernur Maluku akan ber­langsung tahun 2024 nanti, namun Gubernur Maluku, Murad Ismail tidak ingin maju dalam proses tersebut, mela­wan anggota DPD asal Ma­­luku, Nono Sam­pono.

Murad menegaskan, ingin fokus membangun Maluku, dan  belum pi­kir­kan masalah pilkada gubernur yang masih berlangsung empat ta­hun lagi.

“Kalian saya kasih tahu ya, saya tidak per­nah berpikir 2024. Saya sekarang Gubernur Malu­ku mau bekerja saja un­tuk Maluku. 2024 saya tidak pernah berpikir itu, dan siapa saja mau ma­ju,” kata Murad saat diwawancarai sejumlah wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Selasa (10/3) saat mengantarkan senator asal Maluku, Nono Sampono.

Mantan Kapolda Maluku ini mem­persilahkan siapa saja yang ingin maju dalam pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku tahun 2024 nanti, karena baginya mem­bangun Maluku itu lebih penting.

“Kita tidak berpikir disitu. Saya lagi berpikir sama istri saya, bagai­mana kita bangun Maluku kedepan, urusan 2024 itu urusan lain. Saya mu­ngkin tidak maju, karena saya sudah cape. Setiap hari kita ke Ja­karta ketemu menteri segala macam, masih juga di maki-maki. Jadi saya ngak berpikir kesitu,” tandasnya.

Baca Juga: Lantamal IX Buka Reskrutmen Taruna AAL

Tepis Isu

Ditempat yang sama, senator asal Maluku Nono Sampono menepis informasi bahwa dirinya akan maju dalam Pilgub Maluku melawan Gubernur Maluku, Murad Ismail.

Kata Wakil Ketua DPD RI ini, dirinya tidak ingin mencalonkan diri sebagai gubernur.

“Saya tidak berpikir untuk maju, tidak benar, saya sudah tua kalau 2024 nanti, ujarnya singkat sambil berjalan menuju ke mobil miliknya.

Golkar Calonkan Hamzah

Diberitakan sebelumnya walau­pun masih lama, Partai Golkar sudah menyiapkan calon dipilgub tahun 2024.

Pilkada Gubernur Maluku baru akan berlangsung pada tahun 2024, namun Golkar sudah mencalonkan Hamzah Sangadji sebagai calon gubernur.

Pencalonan Koordinator Golkar Wilayah Indonesia Timur ini, sebagai Gubernur Maluku periode 2024-2029 direkomendasikan dalam Musda X Partai Golkar Maluku di The Natsepa Hotel, Sabtu (7/3).

Rekomendasi tersebut dibacakan Ketua DPD II Golkar Kota Tual, Yunus Serang mewakili ketua-ketua dan sekretaris DPD. Ada enam poin rekomendasi. Pencalonan Hamzah berada pada poin kedua.

“Dua, merekomendasikan Korwil Maluku, Bapak Hamzah Sangadji sebagai calon Gubernur Maluku periode 2024-2029,” sebut mantan Wakil Bupati Malra ini disambut aplaus seluruh peserta Musda.(S-39)