Doni Tinjau Dampak Bencana di Pulau Haruku

AMBON, Siwalimanews – Tiba di Ambon pada Rabu pagi (9/10) Kepala BNPB Doni Monardo langsung menuju ke Kecamatan Haruku, Kabupaten Maluku Tengah untuk melihat langsung kondisi masyarakat di desa-desa pada kecamatan tersebut pasca gempa pada 26 September kemarin.

Tiga negeri di kecamatan ini yang terkena dampak paling besar dari bencana gempa tersebut yang dikunjungi Monardo yakni Negeri Oma, Haruku Sameth dan Kailolo. Dalam peninjauan di Kecamatan Haruku Kepala BNPB didampingi Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno dan Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua.

Dalam peninjauan itu, Kepala BNPB tak hanya melihat bangunan warga serta sarana pendidikan dan tempat ibadah yang rusak saja, namun juga memberikan semangat kepada warga di ketiga negeri ini. untuk senantiasa berdoa agar diberikan ketabahan, kekuatan dan kesehatan dalam menjalani cobaan yang ada saat ini.

“Anak-anak harus tetap semangat untuk belajar walaupun dalam kondisi seperti ini. bagi bapak ibu guru serta masyarakat juga senantiasa berdoa agar diberikan ketabahan, kekuatan dan kesehatan dalam menjalani cobaan yang ada saat ini,” ujar Monardo saat berbincang-bincang dengan siswa SD Negeri Oma dan para gurunya di lokasi pengungsian.

Setelah melihat kondisi di Kecamatan Haruku, Kepala BNPB dan rombongan kembali ke Tulehu untuk melihat langsung penanganan para pengungsi di Posko Kampus Unidar.

Disini Monardo juga bersama rombongan menyempatkan diri untuk melihat fasilitas posko berupa rumah sakit lapangan Dr Ishak Umarela yang telah di lengkapi sejumlah fasilitas seperti, kamar operasi, ruang ICU dan lain sebagainya.

Disela-sela kunjungan itu, Monardo menghimbau kepada masyarakat Maluku terutama kepada para pengungsi untuk tidak percaya berita-berota hoax yang disevarkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab di media sosial.

“Jangan percaya berita hoaks, percayakan pada pemerintah dan tokoh agama serta tokoh masyarakat, sebab data resmi ada pada pemerintah,” himbau Monardo disela-sela kunjungannya.

Pada kesempatan itu juga, ia minta kepada pemda untuk menangani para pengungsi dengan baik.

“Saya minta pemda untuk segera tangani pengungsi dengan baik, apakah itu terkait pendataan, verifikasi maupun penanganan trauma healing kepada masyarakat terutama bagi anak-anak,” pintanya.

Usai mengunjungi pengungsi dan melihat kesiapan posko utama di Tulehu, Kepala BNPB Doni Munardo, Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno, Bupati Malteng Tuasikal Abua bersama rombongan melakukan Sholat Dzuhur di Rindam XVI/Pattimura, kemudian dilanjutkan dengan peninjauan beberapa ruangan yang rusak akibat gempa di rusun RIndam. (S-36) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *