AMBON, Siwalimanews – Kepala Staff Kepresidenan Moeldoko, mendukung penuh revitalisasi Benteng Victoria di Ambon.

Untuk mendorong anggaran revitalisasi ini agar dapat masuk Bappenas di tahun anggaran 2021 agar dimasukkan dalam dalam rencana strategis, untuk itu lahan dan anggarannya harus dimasukan dalam APBN.

“Hal ini tidak terlalu sulit, dikarenakan baik pemda maupun TNI dalam hal ini Kodam XVI Pattimura, sama-sama membutuhkan dan sama-sama untung, bahkan KASAD sudah menyetujuinya,” ucap Moeldoko saat menerima Walikota Ambon beserta rombongan di ruang rapat Kantor Staff Presiden, Bina Graha Jakarta, Kamis (17/9).

Dijelaskan, revitalisasi tidak boleh dipersulit, karena hal ini bukan untuk kepentingan komersial, namun untuk kepentingan pendidikan, bela negara, pariwisata dan ekonomi.

“Kita akan mengundang Bappenas, Kementerian Keuangan, PUPR, Kemenhan, untuk bicarakan realisasi revitalisasi ini.  Karena ini hanya pindah, tidak perlu ada hitung-hitungan ganti rugi. Oleh karena itu, kita akan kerja keras supaya bisa di realisasikan,” ungkap mantan Panglima TNI ini.

Baca Juga: Kebakaran di Skip, Rumah Keluarga Hurulean Rata Tanah

Sebelumnya, Walikota Ambon telah menjelaskan saat Kodam XVI Pattimura dipimpin oleh   Doni Moenardo, beliau  menginisiasi pertemuan dengan Pemkot Ambon untyk membicarakan revitalisasi tersebut.

Setelah itu, Pemkot Ambon mengambil langkah selanjutnya dengan mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Maluku, DPRD Kota Ambon dan DPRD Maluku. Bahkan Pemkot Ambon juga telah melakukan pertemuan dengan KASAD, yang juga mendukung revitalisasi tersebut.

“KASAD bahkan minta agar revitalisasi dipercepat,” ujar walikota.

Walikota menyadari, revitalisasi ini tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat, tetapi upaya agar bisa diproses untuk dianggarkan ditahun depan, sudah dilakukan dengan intens.

Deputi I Staff Presiden, Febry Calvin Tetelepta mengatakan, akan segera menjadwalkan pertemuan untuk mengundang Bappenas, Kementerian Keuangan, Kemenhan, Kementerian PUPR, untuk membicarakan revitalisasi Benteng Victoria. (Mg-5)