AMBON, Siwalimanews – Bupati Seram Bagian Timur, Abdul Mukti Keliobas, menyatakan kesiapannya untuk se­gera merealisir janji kampanye, pada periode kedua kepimpimpinannya nanti.

Pembenahan birokrasi, pendidikan, kesehat­an, pembangunan infrastruktur, pengembangan sumber daya manusia, trans­portasi menjadi program prioritas yang akan dilaksanakan oleh Mukti, pasca dilantik oleh Gu­bernur Maluku Murad Ismail, Jumat (26/2) lalu.

MK, begitu dia bisa disapa, me­ngaku, pembenahan tata kelola birokrasi yang baik dan bersih masih menjadi prioritas lima tahun kedepan disamping program kerja yang lain.

“Jadi pertama itu bagaimana pembenahan tata birokrasi yang baik karena dalam itu program utama kita disamping pendidikan dan kesehatan,” terang MK ke­pada Siwalima, Minggu (28/2).

Menurut mantan Ketua DPRD SBT ini,  saat ini masya­rakat SBT sangat memerlukan pembenahan kebutuhan masyarakat di bidang pendidikan dan kesehatan.

Baca Juga: DPRD Dukung Penerbangan Pesawat Rute Ambon-Amahai dan Bula

“Pendidikan dan kesehatan di SBT saat ini masih jauh dari hara­pan. Dibawa kepemimpinan saya lima tahun kedepan, hal itu akan menjadi prioritas, disamping pe­menuhan kebutuhan pendidi­kan, bagaimana sarana penun­jang pendidikan, tenaga guru yang ber­kompeten termasuk kesejah­teraan para guru,” jelasnya.

Persoalan kesehatan menjadi hal yang sama, keterbatasan te­naga kesehatan pada puskes­mas-puskesmas yang kemudian menurut hematnya, belum mam­pu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Tidak hanya itu kekurangan tenaga medis juga menjadi ken­dala sehingga telah direncanakan akan dilakukan penambahan tenaga kesehatan baik melalui kontrak mapun perekrutan PNS.

“Jadi penambahan tenaga ke­sehatan dan penambahan sarana infrastruktur kesehatan juga menjadi prioritas kita kedepan,” ujar Mukti.

Janji Gonga

Dihubungi terpisah, Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga menjelaskan, pembangunan lima tahun kedepan akan diarahkan sesuai dengan visi dan misi yang sudah disiapkan untuk membawa Aru kedepan lebih baik lagi

“Jadi selain melanjutkan visi dan misi sebelumnya juga pe­ngembangan sumber daya ma­nusia, infrastruktur baik jalan air bersih, tranportasi, telekomuni­kasi, kesehatan dan perumahan serta pendidikan juga menjadi prioritas lima tahun kedepan,” kata Gonga.

Di tahun lalu, Gonga mengaku telah mengembangkan sumber daya manusia di bidang kese­hatan dengan memberikan pela­tihan kepada perawat termasuk dengan memberikan pendidikan formal.

“Rencana kedepan adalah ba­gaimana membangun puskes­mas atau layanan kesehatan di setiap desa di Kabupaten Kepu­lauan Aru,” ujar Gonga.

Selain itu di bidang infrastruktur, dan telekomunikasi di Ka­bupaten Aru saat ini sudah ber­jalan dengan baik sedangkan dibidang transportasi sudah ada penambahan armada dan per­baikan sarana dan prasarana pelabuhan. “Yang menjadi prioritas kita kede­pan juga adalah ke­butuhan air bersih untuk sejumlah wilayah, karena  air bersih merupakan kebu­tuhan primer masyarakat,” kata Gonga.

Olehnya semua prioritas pem­bangunan lima tahun kedepan ini kita arahkan untuk bagaimana menekan tingginya angka ke­miskinan.

“Kemiskinan tetap menjadi prio­ritas kita kedepan dan lang­kah yang sementara kita lakukan adalah melakukan pendataan penduduk miskin kemudian baru diintervensi melalui kebijakan anggaran,” jelasnya.

Penanganan covid, kata Gonga juga terus diupayakan dengan melakukan swab tes massal juga memberikan bantuan perekono­mian bagi masyarakat yang terdampak pandemi.

“Penanangan covid sekarang sedang dilakukan swab massal dan tacking kemudian di sosia­lisasi, kita sosialsiasikan. Yang pen­ting kita tahu kira-kira mas­yarakat terpapar apakah mau dikarantina mandiri atau terpusat sedangkan dan itu sudah kita lakukan, tegasnya.

Namun semua rencana ini bagi dirinya tidak bisa berjalan mulus, karena terkendala anggaran, yang masih difokuskan pada penanganan Covid-19.

“Jadi saya berharap dukungan dari masyarakat Aru untuk ber­sama-sama membangun aru kedepan yang lebih baik lagi dan mengejar ketertinggalan dari kabupaten kota lain di Maluku,” tandasnya.

Dilantik Gubernur

Sebelumnya, Gubernur Maluku Murad Ismail atas nama Men­dagri melantik dan mengambil sumpah Mukti Keliobas dan Idris Rumalutur sebagai Bupati dan Wakil Bupati Seram Bagian Ti­mur, serta Johan Gonga-Muin So­galrey sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Aru.

Pelantikan kedua bupati dan wakil bupati yang dipusatkan di Lantai VII Kantor Gubernur, Jumat (26/2), berdasarkan SK Mendagri Tito Karnavian Nomor 131.81-380 Tahun 2021 tentang Pengesahan Kepala Daerah dan Wakil Kepada Daerah hasil pilkada serentak pada kabu­paten di Provinsi Maluku. (S-39)