AMBON, Siwalimanews – Tertunda sejak November, Pemerintah Kota Ambon (Pemkot) akhirnya segera melunasi tambahan penghasilan pegawai (TPP) pegawai  yang ditargetkan pekan ini.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Ambon, Apries Gaspersz menyatakan pihak­nya segera melakukan pencai­ran kepada pegawai yang pen­cairan pertama belum sempat mendapat hak mereka.

“Minggu depan kita bayar TPP yang hutang,” tandasnya kepada wartawan di Baeleo Rakyat, Kota Ambon, Jumat (4/6).

Diakuinya, pihaknya akan segera mengusulkan peluna­san TPP sejak bulan November di hari Rabu (9/6) menda­tang

“Kalau misalnya Senin ber­proses, berarti paling terlambat hari Rabu kita bikin permintaan untuk hutang sisa,” ungkap Gaspersz.

Baca Juga: Kemendagri Ingatkan Maluku Jangan Bergantung Minyak dan Gas

Lanjutnya, untuk sementara ini pihaknya sedang melalukan pencairan TPP bulan April, ke­pada pegawai pemkot yang memiliki hak untuk menerima. “Hari ini (Jumat-Red) kami sudah mulai membayar yang bulan April TPP,” katanya.

TPP Dicairkan Sebagian

Seperti yang diberitakan se­be­lumnya, Pelaksana tugas Kepala Bagian Keuangan dan Aset Daerah Kota Ambon, Apries Gaspersz, mengakui te­lah mencairkan sebagian Tun­ja­ngan Penghasilan Pegawai (TPP).

Padahal kenyataan di lapa­ngan, banyak pegawai menge­luhkan sejak Oktober sampai De­sember TPP tak kunjung dicairkan.

“Sudah itu, Hampir semua SKPD sudah dibayarkan TPP,” bantah Gasperz, kepada Siwalima melalui pesan Whatsapp, Kamis (18/2).

Ditanya berapa SKPD yang sudah dicairkan, Gasperz mengakui lupa jumlahnya.

“Saya lupa jumlahnya, namun hampir sebahagian besar sudah cair,” tegasnya. Pencairan yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kota Ambon lebih kepada SKPD yang memasukan permintaan pencairan TPP.

“Kalau ada yang belum jalan tanyakan SKPD-nya kenapa belum minta TPP. Itu karena kelengkapan adminstrasinya yang tidak siap,” kilahnya.  (S-52)