AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-75 tahun ini, maka Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Maluku akan menggelar berbagai kegiatan.

Sejumlah kegiatan yang akan mmerihakn HUT kemerdekaan yakni, pentas seni, kuliner tradisional Maluku, lomba catur dan tenis meja.

“Untuk momen 17 Agustus ini, sekaligus mendukung pekan kebudyaaan daerah yang dilaksanakan oleh Dikbud kami akan laksanakan beberapa rangkaian kegiatan, seperti pentas seni, lomba kuliner tradisional dan beberapa lomba oainnya,” jelas Kepala BPNB Provinsi Maluku Rusli Manorek kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (12/8).

Menurutnya, ditengah pandemi seperti ini, dipastikan para pelaku seni juga mengalami dampak, karena itu BPNP selalu memberikan tempat kepada mereka untuk tetap dapat berkarya dalam kondisi seperti ini.

Selain sejumlah kegiatan tadi kata dia, pihaknya juga akan menggelar festival musik tradisonal yang akan diikuti oleh 22 sanggar di kota ini yang akan menampilkan karya-karya mereka. Kegiatan yang dilaksanakn nantinya juga tetap akan mengacu sesuai dengan protokol kesehatan.

Baca Juga: 35 Anggota DPRD Kembali Bertolak ke Bogor dan Bekasi

“Kegiatan-kegiatan ini akan tetap mengacu pada protokol kesehatan, sebab kita takut jika tak ikut protokol kesehatan, akan timbul klaster baru,” ujarnya.

Pihaknya juga mengelar lomba penulisan karya ilmiah bagi para siswa SMA dan sederajat se-Maluku dan Maluku Utara serta talk show budaya. Diharapkan semua kegiatan yang digelar ini dapat diikuri oleh semua masyarakat. (Mg-5)