AMBON, Siwalimanews – Wakil Bupati Maluku Barat Daya, Agustinus L. Kilikily, menerima kunjungan Tim Survei Universitas Pertahanan sekaligus membuka pemaparan awal/sosialisasi pencarian titik air oleh Tim Survei.

Tim Survei akan melaksanakan survei  lapangan pencairan titik-titik sumber air di Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya, dari tanggal 26 – 29 September.

Berlangsung di Ruang Rapat Kantor Bupati, Senin (26/09), Wakil Bupati menjelaskan Tim Survei yang bertugas merupakan tindak lanjut dari kunjungan Presiden RI, Joko Widodo beberapa waktu yang lalu terkait dengan ketersediaan/kebutu­han air di Pulau Moa.

“Kebutuhan air di Pulau Moa se­lalu menjadi permasalahan jika di­landa musim kemarau yang berke­panjangan. Pada musim kemarau panjang, sumber air menjadi kering, sehingga mempengaruhi kehidupan populasi ternak di Pulau Moa. Ma­salah ketersediaan air merupa­kan salah satu masalah yang perlu ditangani” ungkap Wakil Bupati.

Menurutnya, dengan kehadiran tim survei menjadi sangat pen­ting dalam membantu Pemerintah Daerah dalam penyediaan sumber air. Penyediaan air bersih melalui survei yang dilakukan, merupakan langkah awal untuk mengatasi ketersediaan air, baik untuk ternak maupun masyarakat di Pulau Moa.

Baca Juga: Infrastruktur Jalan Dibutuhkan Masyarakat SBB

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada bapak Ari, Ibu Mut­mainah dan Tim yang akan datang pada hari Selasa  dan Kamis ini un­tuk memulai kegiatan survei. Wakil Bupati berharap pelaksanaan kegia­tan ini diikuti dengan baik oleh se­mua pihak sehingga bisa menjawab semua kekurangan-kekurangan data yang dimiliki oleh tim.

Sementara itu Kol. Czi. Dr. Ir. Ari Pi­toyo Sumarno selaku ketua tim, me­ngucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya atas sambutan yang baik kepada  tim survei. Menurutnya sam­butan yang diberikan dapat memicu kerja tim agar lebih optimal untuk tugas yang diberikan oleh Menteri Pertahanan.

“Ini merupakan respon cepat dari pak Menteri Pertahanan, Prabo­wo Subianto. Sekembalinya  beliau dari Pulau Moa, kami dari Fakultas Tek­nik Militer dan Fakultas MIPA Mili­ter, langsung dikumpulkan oleh Pak Menteri yang intinya merespon keluhan dari masyarakat tentang ke­tersediaan air di Pulau Moa,” ka­ta Ari Pitoyo.

Dijelaskan,  tim yang dibentuk dari UNHAN terbagi menjadi 2 yakni 1 tim yang bertugas di Provinsi NTB dan satunya lagi adalah Tim yang berada di Pulau Moa sehingga dirinya berharap apa yang mereka lakukan kiranya dapat bermanfaat bagi masyarakat Pulau Moa.

Sosialisasi dilanjutkan dengan mendengar pemaparan materi dari Ketua Tim dan dilanjutkan dengan mendengar masukan dari masing-masing pihak yang hadir.Hadir dalam kegiatan ini, Dandim 1511/Pulau Moa, Wakapolres MBD, Kepala Dinas PUTR, Kepala Dinas Perikanan, Perwakilan Bappeda, Perwakilan Kehutanan, Kepala PDAM, Perwakilan Bandara Moa dan Perwakilan BPS. (S-08)