PIRU, Siwalimanews – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memastikan fokus dari peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun 2022 pada hidup bersih dan sehat.

“Saya berharap peringatan HKN berfokus dengan hidup bersih dan sehat, membuat generasi kita ke depan menjadi sumber daya manusia yang berkualitas untuk daerah,” kata Menkes dalam sambutannya yang dibacakan Kadinkes SBB Yohannes Tappang saat peringatan HKN, di pekarangan Dikes, Sabtu (12/11).

Menurut Menkes, 58 tahun bukanlah usia yang singkat. Banyak pencapaian pembangunan kesehatan yang sudah diraih, khususnya saat menghadapi pandemi Covid-19.

Bersama dengan negara lain, kata Menkes, Indonesia sedang meningkatkan kapasitas global untuk pencegahan, persiapan dan respon terhadap pandemi di masa yang akan datang.

“Saat ini kita menghadapi masa transisi dari pandemi ke pendemi. Pemerintah mulai melonggarkan aturan pembatasan terkait pencegahan pandemi Covid-19, salah satunya dengan memperbolehkan masyarakat untuk tidak memakai masker saat beraktifitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang,” jelasnya.

Baca Juga: Bentrok Antar Desa Kembali Pecah di Malra

Ia juga dalam kesepatan itu menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran kesehatan, lintas sektor di pusat dan daerah serta seluruh lapisan masyarakat yang telah bahu-membahu berjuang tanpa mengenal lelah di semua lini dalam melaksanakan pembangunan kesehatan.

“Perjuangan untuk selamatkan bangsa dari pandemi Covid-19, membangkitkan semangat dan optimisme seluruh komponen masyarakat untuk menjalani masa pendemi dengan banyak serta mewujudkan Indonesia semakin sehat dan tumbuh menjadi bangsa besar yang kuat. (S-18)