AMBON, Siwalimanews – Juru Bicara Satgas Covid-19 Maluku, Doni Rerung menga­takan, meskipun saat ini sudah membaik, tapi pihaknya selalu memantau perkembangan kon­disi Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno dan keluarganya.

‘’Tim dari Dinas Kesehatan terus pantau, kondisi pak Wa­gub terus membaik,’’ kata Re­rung yang dikonfirmasi Siwa­lima, Senin (11/1).

Diakui cek up kondisi dilaku­kan beberapa jam sekali. ‘’Sejauh ini kita pastikan kondisi stabil dan makin hari makin membaik,’’ kata Rerung.

Ditanya kapan akan dilakukan swab tes kedua untuk orang nomor dua di Maluku tersebut, Rerung mengatakan sesuai aturan 10 hari setelah dinyatakan positif.

‘’Biasanya 10 hari, nanti saya cek lagi dengan dinas, kapan akan dilakukan pengambila swab tes kedua,’’ tandasnya singkat.

Baca Juga: PJU Polda Maluku Jalani Rapid Antigen

Kondisi Baik

Untuk diketahui, empat hari menjalani karantina mandiri di pendopo wakil gubernur, kondisi kesehatan Barnabas Orno, kini semakin membaik.

Sekda Maluku Kasrul Selang memastikan kondisi Wakil Gubernur Maluku bersama istri semakin menunjukan kemajuan.

Sejak dinyatakan positif, Orno dan Beatrix istrinya, memang melakukan karantina mandiri di pendopo Wakil Gubernur Maluku, Karang Panjang.

Sementara untuk mencegah terjadinya penyebaran, tim Satgas juga telah melakukan penyemprotan disinfektan pada rumah dinas Wagub.

“Setelah Wagub dinyatakan positif, kita langsung lakukan ste¬rilisasi rumah dinas,” ungkap Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Maluku ini Minggu (10/1).

Untuk memastikan kondisi wagub dan keluarga sendiri, tim dokter juga terus melakukan observasi terkait dari mana asalnya hingga keluarga wagub terinfeksi virus ini. “Tim sedang observasi, mudah-mudahan cepat dapat hasilnya,” tandasnya.

Tidak hanya Orno dan keluarga. Menurut Kasrul, seluruh orang yang bertugas di pendopo wakil gubernur, terpapar virius mematikan itu.

“Totalnya ada 15 orang yang terpapar. Pa wagub, ibu, anak-anak, pegawai rumah tangga sampai petugas satpol PP yang bertugas di sana, semuanya terpapar,” jelas dia.

Saat ini lanjutnya, seluruh keluarga dan pegawai yang bertugas di pendopo wakil gubernur, sedang menjalani isolasi di RSUP dr J Leimena.

Diberitakan sebelumnya, swab test yang dilakukan oleh petugas Dinas Kesehatan Maluku, diketahui Wagub Orno, istri dan anak-anak¬-nya terkonfirmasi positif Covid-19.

Saat ini, keluarga wagub sudah dikarantina di RS dr Leimena, Wailela. “Keluarga pak wagub hampir semuanya dikarantina di sana, kecuali pak wagub, istri dan anaknya yang masih berusia dua tahun,” kata sumber Siwalima di Dinkes Maluku, yang minta namanya tidak dikorankan.

Menurut sumber itu, penelu­suran terhadap orang nomor dua di Maluku itu dilakukan, menyusul salah satu anaknya dinyatakan positif terpapar.

“Anaknya hendak berangkat ke Jakarta, tapi setelah diswab, ternyata hasilnya positif. Menge­tahui anaknya positif, beliau me-minta untuk dilakukan tes yang sama kepada seluruh ke­luarga,” tambah sumber itu. (S-39)