AMBON, SiwalimanewsPolitisi senior PDIP, Lucky Wattimury akhir-nya ditunjuk Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua DPRD Maluku, menggantikan Edwin Huwae.

Sebelum memutuskan Lucky untuk menggan­tikan Edwin, keduanya dipanggil untuk mengikuti fit and proper test di Kan­tor DPP PDI Perjuangan, Jalan Lenteng Agung, Jakarta.

Sumber di DPP partai berlambang banteng  kekar moncong pu­tih ini menye­butkan, selain fit and pro­per test ada beberapa per­tim­bangan mendasar, se­hingga DPP menunjuk Lucky untuk men­jadi Ke­tua DPRD Ma­luku.    

“Kalau soal kemampu­an, keduanya tak bisa ragukan. Namun bukan hanya hasil fit and proper test, ada beberapa pertimbangan mendasar, ada pertimbangan juga dari Ibu Mega sebagai ketua umum, sehingga pilihan jatuh ke Lucky,” ujarnya, kepada Siwalima, Sabtu (7/9), me­lalui telepon selulernya.

Soal pertimbangan mendasar ter­sebut,  sumber itu enggan menje­las­kan, dengan alasan konsumsi internal partai.

Baca Juga: Kapolda Mendadak Mutasi 4 PJU Polres Buru

“Soal itu, saya tidak bisa jelaskan ya. Yang pasti penetapan Lucky su­dah melalui pertimbangan yang matang,” tandasnya.

Sumber yang meminta namanya tak dikorankan itu mengatakan, PDI Perjuangan harus tetap eksis di Maluku. Karena itu, dengan posisi sebagai Sekretaris DPD, maka Edwin diberikan penugasan untuk meng­urus partai.

“Sekretaris itu posisi strategis, dia harus konsen di partai. Jadi arahan dari DPP sudah jelas,” ujarnya.

Sumber itu mencontohkan, Sekjen DPP Hasto Kristiyanto yang selama ini fokus mengurus partai, dan ber­ada di luar senayan. Hasilnya, partai besutan Megawati Soekarnoputri ini keluar sebagai pemenang pemilu. “Pak sekjen itu hanya konsen di partai, nah kita inginkan sekretaris DPD Maluku juga konsen di partai,” tandasnya.

Sementara Edwin Huwae yang dihubungi beberapa kali, namun ia enggan mengangkat telepon. Pesan whatsapp  yang dikirim juga tak dibalas. Sedangkan telepon Lucky Wattimury tak akif.

Diumumkan

Penetapan Lucky Wattimury se­bagai Ketua DPRD Maluku periode 2019-2024 oleh DPP PDIP diumum­kan dalam Rapat Pleno DPD PDI Perjuangan Maluku, di Pacific Hotel, Sabtu (7/9).

Lucky Wattimury yang saat ini menjabat bendahara DPD menggan­tikan Edwin yang akan berakhir masa jabatannya pada 16 September mendatang.

Rapat yang dipimpin Ketua DPD PDI Perjuangan Maluku, Murad Ismail itu, dihadiri oleh seluruh pim­pinan DPC PDI Perjuangan 11 kabu­paten dan kota. Rapat berlang­sung tertutup pukul 14.00 hingga 18.00 WIT.

Murad yang dikonfirmasi warta­wan usai rapat mengaku, tidak me­ngetahui keputusan DPP yang mene­tapkan Lucky Wattimury sebagai Ketua DPRD Maluku.

“Jabatan ketua DPRD ini diputus­kan oleh DPP,  Edwin dan Lucky dipanggil ke DPP untuk mengikuti fit and proper test dan sampai disitu saya tidak tahu lagi karena saya tidak ke Jakarta. Saya baru buka dan mem­baca, saya juga kaget pak Lucky yang terpilih,” kata Murad.

Murad yakin, karena kekuatan doalah, sehingga DPP memilih Lucky. “Saya yakin, pak Lucky ter­pilih ini karena kekuatan doa, mung­kin saja pak Lucky doanya sangat baik sehingga  doanya dide­ngar,” katanya.

Disinggung soal kualitas dan pe­ngalaman, Murad mengatakan keduanya sama. Ia berharap, sebagai Ketua DPRD Lucky bisa memban­tunya dalam melaksanakan tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik.

“Kalau bicara soal kualitas dan pengalaman, semua sama. Siapapun yang menjadi ketua DPRD, saya harus menerimanya dan saya harap­kan ketua DPRD harus bisa bantu saya karena Maluku kedepan mulai ada peningkatan-peningkatan pem­bangunan,” ujarnya.

Selain Ketua DPRD Maluku, DPP juga menetapkan nama-nama pim­pinan DPRD kabupaten dan kota. Mereka adalah Wakil Ketua DPRD Kota Ambon Gerald Mailoa; Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Tanimbar Jidon Kelmanutu; Wakil Ketua DPRD Kota Tual Fitri Nota­nubun; Wakil Ketua DPRD Kabu­paten SBB, La Nyong; Wakil Ketua DPRD Kabupaten Maluku Tengah Demianus Hattu,  Wakil Ketua DP­RD Kabupaten Kepulauan Aru, Feny Lowywk, serta Ketua DPRD Kabupaten MBD, Petrus Tunay.

Siap Jalankan Tugas

Gerald Mailoa menyatakan kesiap­annya untuk menjalankan tugas sebagai unsur  pimpinan DPRD Kota Ambon.

“Yang pasti saya akan bekerja sama dengan seluruh anggota DPRD, ter­masuk wakil ketua dan ketua DP­RD,” kata Mailoa, kepada Siwalima, me­lalui telepon seluler­nya, Minggu (8/9).

Mailoa mengatakan, penetapan­nya sebagai wakil ketua DPRD ada­lah amanah partai, dan harus dija­lankan secara baik untuk kepen­tin­gan masyarakat.

“Saya tegaskan jabatan ini hanya titipan dan amanah yang harus dilakukan dan sebagai kader partai kita harus siap melaksanakan keper­cayaan dan amanat dari rakyat,” ujarnya.

Tetap Konsisten

Ditetapkan kembali sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Maluku Tengah, Demianus Hattu berjanji untuk konsisten memperjuangan kepentingan rakyat.

“Sebagai wakil rakyat, saya akan tetap konsisten untuk memper­juang­kan kepentingan rakyat, ke­pentingan rakyat itu macam-macam, ada di bidang pendidikan, kese­ha­tan dan infrastruktur,” tandas Hattu, kepada Siwalima, melalui telepon selulernya, Minggu (8/9).

Selain itu, kata dia, sebagai mitra pemerintah daerah, maka program-program untuk kepentingan rakyat harus didukung.

“Jadi setiap program-program pemerintah daerah yang berpihak pada rakyat pasti kita dukung , bi­dang pendidikan, kesehatan, in­frastruktur, dan lainnya,” ujarnya.

Prioritaskan

Sebagai salah satu Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Ta­nimbar (KKT) yang ditetapkan oleh PDIP, Jidon Kelmanutu, akan siap bekerja untuk kepentingan rakyat.

“Kita hanya menjalankan apa yang sudah ditetapkan sesuai deng­an mekanisme yang ada dan rakyat harus diprioritaskan dari segala macam kepentingan, jangan sampai kepentingan kelompok atau kepen­tingan orang perorangan lalu abai­kan kepentingan rakyat, itu salah dan tidak boleh terjadi,” tandas Kelma­nu­tu, kepada Siwalima, melalui telepon selulernya, Minggu (8/9).

Ini Pimpinan DPRD Asal PDIP

 

Ketua DPRD Maluku  Lucky Wattimury

Ketua DPRD Kabupaten MBD  Petrus Tunay

Wakil Ketua DPRD Kota Ambon  Gerald Mailoa

Wakil Ketua DPRD KTT Jidon Kelmanutu

Wakil Ketua DPRD Kota Tual Fitri Notanubun

Wakil Ketua DPRD Kabupaten SBB La Nyong

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malteng Demianus Hattu

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Aru Feny Lowywk(S-16)