AMBON, Siwalimanews – Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW setiap 12 Rabiul Awal dijadikan momentum introspeksi diri bagi jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku ditengah situasi pandemi Covid-19 yang akhir-akhir ini semakin merebak diberbagai bagian bumi.

Kegiatan yang bertajuk “Meneladani Kejujuran Nabi Muhammad SAW Untuk Membentuk Pribadi Yang Jujur dan Berintegritas” ini berlangsung khusyu di Aula Kanwil Kemenkumham Maluku dengan berbagai ucapan doa dan dzikir yang dilantunkan serta menghadirkan Ustadz H. Ma’ruf Mamulatin sebagai penceramah, Kamis (21/10).

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Maluku, Andi Nurka dalam sambutannya mengatakan, peringatan Maulid Nabi Muhammad jangan dijadikan seremonial belaka tetapi hendaklah dijadikan sebagai momentum intropeksi diri dalam meneladani Rasulullah SAW.

Dirinya berharap kegiatan ini dapat berimplikasi bagi kehidupan kita, sehingga membentuk pribadi yang jujur   dan berintegritas. Bahkan sedapat mungkin peristiwa maulid Nabi kali ini menjadi solusi bagi situasi pandemi Covid-19 yang saat melanda bangsa Indonesia.

Andi menambahkan, kegiatan seperti ini diisi dengan ceramah saja atau ceramah dan hal-hal lainnya terus menerus tetapi perlu adanya kesadaran, sehingga ritus acara nabi dijadi­-kan sebagai instrumen muha­sabah, introspeksi, serta berse­dakah kepada sesama. (S-16)

Baca Juga: Pembangunan Komisioning Depot Gas Telah Selesai