AMBON, Siwalimanews – Masyarakat nelayan di Kepulau­an Aru mendapat kesempatan me­-nambah pengetahuan tentang bagaimana memanfaatkan kemam­puan sumber daya alam yang ada untuk meningkatkan perekonomian.

Danlantamal IX Ambon Brigjen (Mar) Said Latuconsina, berkesem­patan melakukan komunikasi sosial maritim dengan masyarakat maritim yang tinggal di Kepualauan Aru bertempat Pangkalan Lanal Aru, Rabu (23/11).

Dikatakan bagaimana peran TNI Angkatan Laut dalam membangunkan kesadaran potensi maritim dan tentang seberapa besar pengaruh masyarakat maritim terhadap pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

“Apa yang perlu dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di wilayah kepulauan adalah bagaimana cara memanfaatkan segala kemampuan sumber daya kemaritiman wilayah mereka tinggal, sebagai negara maritim tentunya potensi sumber daya alam khusus nya di laut sangat berpengaruh dengan roda perekonomian saat ini,” kata Danlantamal.

Orang nomor satu di Lantamal IX Ambon itu juga optimis  dengan memberikan wawasan terhadap masyarakat maritim wilayah kepulauan akan bisa meningkatkan dan memaksimalkan potensi maritim untuk mendukung pember­dayaan wilayah pertahanan laut.

Baca Juga: Hari ini DPRD Mulai Bahas KUA-PPAS Pemda Buru

“Laut juga merupakan sektor yang sangat berpengaruh dalam roda perekonomian, politik maupun pertahanan nasional. Hal ini selaras dengan visi dan misi yang dicanangkan oleh Kasal Laksamana Yudo Margono, bahwa TNI AL mempunyai peranan penting dalam membina potensi maritim agar selalu mengarahkan masyarakat khususnya di wilayah kepulauan agar bisa dengan benar dan memaksimal  sumber daya maritim sebagai upaya meningkatkan kualitas wilayah mereka,” tegasnya.

Dengan adanya kehadiran TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lantamal atau Lanal lanjutnya dapat memberdayakan masyarakat sekitar agar lebih menghasilkan output yang maksimal.

Pada kesempatan itu juga Danlantamal memberikan bantuan kepada masyarakat nelayan berupa life jacket pelampung.(S-09)