PIRU, Siwalimanews – Seluruh jajaran pemerintahan dan masyarakat Desa Latu, Hualoi dan Tomalehu Kecamatan Amalatu Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) siap mengsukseskan Musabahqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-IX tingkat Kabupaten Tahun 2021.

“Selaku pemerintahan di Kecamatan besama  masyarakat Latu dan Hualoy yang juga sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ ke-IX pihaknya bersama masyarakat siap mensukseskan perhelatan akbar MTQ tingkat Kabupaten yang akan berlangsung September 2021,” ungkap Camat Amalutu Rafly Al Idrus kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Sabtu (11/9).

Dijelaskan, hingga saat ini lokasi MTQ dan pangung utama saat ini masih dalam proses pembenahan. Bahkan untuk sarana dan prasarana pendukung lainnya.

Sedangkan untuk penempatan kafilah yang tersebar di beberapa kecamatan di SBB mereka akan tempati rumah-rumah warga di tiga desa yakni,  Latu, Hualoy dan Tomalehu.

“Untuk menempati rumah warga bagi kafilah-kafilah ini sudah menjadi tanggung jawab pemerintah desa setempat yang akan berkoordinasi dengan warganya,” tuturnya.

Baca Juga: Agustinus Tinjau Vaksinasi Perdana Bagi Pelajar

Diungkapkan, dengan terpilihnya Kecamatan Amalatu sebagai pusat kegiatan MTQ ke-IX tingkat kabupaten, sudah tentunya menjadi tanggung jawab sehingga segala keperluan untuk mendukung suksesnya kegiatan ini dipastikan bisa terlengkapi saat pelaksanaan puncak MTQ nanti.

Bahkan, kata camat, ada yang sudah siap 100 persen, terutama untuk tempat pemondokan kafilah. Saat ini panitia keca­matan sudah mempersiapkan rumah penduduk sebagai tempat pemondokan.

Menurutnya, masing-masing kafilah kita persiapkan rumah warga untuk putra dan satunya lagi untuk putri. Selain tidak keberatan, masyarakat juga merasa bangga rumah mereka dipilih sebagai tempat pemondokan kafilah.

“Ini adalah amanah dan harus diemban dengan baik. Demi terselenggaranya MTQ ini dengan baik dan sukses, maka kami selaku masyarakat ketiga desa sudah siap untuk mensukseskan perhalatan akbar ini,” ucapnya.

Lanjutnya, apabila kegiatan ini berjalan dengan baik, maka akan membawah nama baik Kecamatan Amalatu pula, terlebih khususnya masyarakat desa Latu, Hualoy dan Tomalehu, sebab suksesnya jalannya MTQ ada pada masyarakat.

Oleh sebabnya, semua itu tidak terlepas dari dukungan masyarakat yang mendiami Kecamatan Amalatu terlebih khususnya masyarakat tiga desa, Latu, Hualoy dan Tomalehu yang mana sama-sama mengambil bagian di kegiatan yang penuh religius ini.

“Saya mengajak masyarakat di ke tiga desa ini untuk mari bersama kita berikan dukungan dengan segala bentuk apapun dan saya  berharap semua pihak dapat bersinergi, mulai dari tahap persiapan hingga selesainya kegiatan, sehingga momentum religi dapat terselenggara dengan sukses dan bermanfaat bagi kita semua,” harapnya.

Sebab kunci dari kesuksesan pelaksanaan acara ini, ungkap Camat, sangat tergantung kepada kuatnya komitmen pemerintah kecamatan, kabupaten hingga pemerintah desa dalam membangun sinergitas dengan seluruh unsur-unsur yang ada di Amalatu, terutama Desa Latu, Hualoy dan Tomalehu. (S-48)